Deteksi Kebakaran, BPBD Wajo Usulkan Pegadaan GPS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Deteksi Kebakaran, BPBD Wajo Usulkan Pegadaan GPS

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Tingginya angka kebakaran di Kabupaten Wajo membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo berencana mengusulkan pengandaan GPS. Itu untuk mendeteksi lokasi kebakaran yang ada di Kabupaten Wajo.
Selain itu, petugas pemadam kebakaran kerap kali mendapatkan telepon gelap terkait kejadian kebakaran. Namun, jika sudah ada GPS berbasis satelit maka dapat menghindari adanya telpon gelap karena GPS akan langsung mendeteksi lokasi titik api.
Hal ini diungkapkan Kepala Badan penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Wajo H Alamsyah. Menurut mantan Kabag Kesra tersebut, pengadaan satelit GPS ini sudah diusulkan pada tahun 2016.”Kita berharap usulan ini bisa diterima dan direalisasikan secepatnya,”ujarnya.
Alamsyah menjelaskan, ketika ada telepon gelap, sangat rawan karena dan menguras tenaga tim pemadam. Selain itu, sangat merugikan dari segi biaya karena setiap ke luar armada memerlukan biaya. Namun, jika sudah ada GPS satelit maka akan langsung diketahui dimana lokasi titik api.
“Sejauh ini sudah ada 17 kebakaran dan pada bulan Agustus lalu. Ada 22 kasus kebakaran termasuk masyarakat yang memamfaatkan situasi membakar lahannya untuk membuka lahan,” ujar mantan Camat Pammana tersebut.
Selain GPS satelit, BPBD juga terus berupaya menambah armada pemadam yang dinilai salah satu upaya mengurangi resiko dan
mempercepat penanganan jika terjadi kebakaran. Maka pengadaan armada kebakaran juga masih menjadi prioritas terutama untuk
Kecamatan Pitumpanua dan Kecamatan Belawa yang jaraknya sangat jauh dari kota Sengkang.
Selain dukungan sarana dan prasana yang memadai, dukungan SDM pemadam juga akan ditingkatkan melalui training dengan mendatangkan narasumber dari Jakarta. “Program lain untuk mematangkan pelaksanaan bencana. Maka akan dilakukan pembentukan pusat pengendalian informasi kebencanaan yang bertujuan untuk menerima dan mengimformasikan kejadian bencana. Sementara yang jalan saat ini baru penguatan kelembangaan BPBD,” tandasnya.(Advetorial)
loading...
Click to comment
To Top