Dinas Pertanian Produksi Benih Unggul Bersertifik‎at – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dinas Pertanian Produksi Benih Unggul Bersertifik‎at

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — ‎Sebagai salah satu penghasil gabah terbesar Indonesia, Kabupaten Wajo terus mengembangkan kualitas dan mutu produksinya. Salah satunya dengan memproduksi benih unggul bersertifikat.

Seperti diketahui, Kabupaten Wajo memiliki potensi luas tanam lebih dari 150 ribu hektare. Dalam setiap tahunnya, Wajo membutuhkan benih sekira 4000 ton. Atas dasar tersebut, Daerah penghasil gabah terbesar di Indonesia ini memproduksi benih unggul yang bersertifikat ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Wajo.

Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Wajo IB Putu Artana mengatakan pengembangan perbenihan memiliki peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan produktivitas dan mutu hasil. Penggunaan benih unggul atau bersertifikat terutama padi diharapkan memberikan konstribusi untuk peningkatan produktivitas guna menunjang swasembada pangan.

“Pada tahun 2015 Pemkab Wajo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan mengalokasikan kegiatan pengembangan bibit unggul pertanian yang fokusnya pada produksi benih bersertifikat. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan kelompok tim penangkar di bawah bimbingan dan pengawasan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Putu Artana

Putu mengaku, tujuan dari produksi benih ini untuk meningkatkan produksi, mutu, dan distribusi sebar sesuai kebutuhan petani. Selain itu, produksi benih juga bertujuan untuk mempercepat pengembangan varietas unggul yang mampu meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil serta mewujudkan pengembangan system perbenihan.

“Kegiatan pengembangan bibii unggul pertanian dilaksanakan di Desa Mattirowalie Kecamatan Maniangpajo sejak Bulan Mei 2015. Kelompok tani penangkar menyiapkan lahan dan saprodi lain serta proses budidaya tanaman sampai panen. Harga pembelian calon benih dengan selisih Rp150 perkilogram dari harga umum berlaku saat panen,” tandasnya.(advetorial)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top