Irigasi Pompa Bulu Cepo Airi 20 Ribu Hektare Sawah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Irigasi Pompa Bulu Cepo Airi 20 Ribu Hektare Sawah

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Irigasi pompa Bulu Cepo akan mengairi 20 ribu sawah tadah hujan di lima kecamatan. Lima kecamatan sawah tadah hujan yang akan terairi yakni Kecamatan Tanasitolo, Kecamatan Tempe, Kecamatan Majauleng, Kecamatan Pammana, dan Kecamatan Penrang.

Tahun ini, studi tepografi rencana irigasi pompa bulu cepo akan dilakukan pusat studi air kementerian PU PERA. Selain itu, juga akan dilakukan studi batimetri dan tacymetri Danau Tempe.
Kepala Dinas PSDA dan ES, Firdaus Perkesi mengatakan, setelah pembagunan bendung gerak akan dilanjutkan rencana revitalisasi danau untuk meningkatkan daya tampung air Danau Tempe. Supaya fungsi konservasi air danau akan tetap berfungsi.
“Dalam desain rencana akan dibuat pulau yang diharapkan bisa  berfungsi sebagai tempat berkembang biak burung yang khas di Danau Tempe,” katanya.
Selain itu, revitalisasi Danau Tempe juga akan menjadi kawasan wisata danau. “Nanti kita akan buat pulau. Satu pulau untuk tempat burung, satu pulau untuk tempat wisata danau,” tegasnya.
Firman menambahkan, saat ini kondisi danau sudah tidak berbentuk mangkuk. Sedimentasi yang terjadi di Danau Tempe membuat permukaan danau rata.

Makanya, permukaan danau akan dikeruk dan hasil kerukan tersebut akan dibuat pulau dan meninggikan pinggiran danau hingga daya tampung danau makin meningkat.(advetorial)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top