Kebiasaan Korek Hidung Bisa Picu Mimisan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Kebiasaan Korek Hidung Bisa Picu Mimisan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kebiasaan mengorek hidung alias ngupil bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya sebagai pemicu terjadinya mimisan.

Dokter spesialis anak Rumah Sakit (RS) Awal Bros, dr Fith Dahlan SpA tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, jangan heran apabila anak yang punya kebiasaan tersebut rentan mimisan.

“Tidak boleh mengupil. Apalagi kukunya panjang. Bisa menimbulkan pendarahan. Cara membersihkan sebaiknya pakai cotton bud dengan tidak memasukkan terlalu dalam,” kata pria pehobi naik sepeda ini.

dr Fith menjelaskan, mimisan merupakan gejala suatu penyakit. Oleh karena itu, apabila sudah ada tandanya, harus segera dicari penyebabnya.

“Faktor terjadi mimisan banyak. Ada faktor lokal. Dimana sekat rongga hidung bengkok, sinusitis, kumpulan pembuluh darah di hidung rapuh, faktor penyakit sistemik seperti leukimia, hemofilia, dan lainnya,” tutur bapak satu anak ini.

Senada hal tersebut juga disampaikan Dokter spesialis anak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS), DR dr Bob Wahyudin SpA(K). Menurut dr Bob, faktor lokal merupakan salah satu alasan paling sering dan utama terjadinya mimisan pada anak. Dikarenakan faktor pembuluh darah di sekat rongga hidung tipis.

“Bisa pecah sendiri. Karena demam, pilek, kecapaian atau faktor lainnya karena suka korek-korek hidung bahkan benda asing masuk,” ujarnya.

dr Bob menganjurkan, bagi anak yang sering mengalami mimisan sebaiknya diperiksakan ke dokter. Supaya segera mendapat penanganan. (Muhammad Ashri Samad/smd)

loading...
Click to comment
To Top