Warga Polman Ini Ngamuk Bakar Pipa PDAM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Warga Polman Ini Ngamuk Bakar Pipa PDAM

FAJAR.CO.ID, POLEWALI – Penolakan warga Kecamatan Tapango, Polewali Mandar (Polman) Sulbar terhadap rencana pembangunan PDAM terus berlanjut, Rabu 21 Oktober. Bahkan kali ini penolakan warga berbuntut pada perusakan dan pembakaran pipa.

Ratusan batang pipa paralon berdiameter 50 cm yang akan digunakan mengalirkan air dari Sungai Kurra dilaporkan hancur. Bahkan eskavator yang digunakan menggali jaringan pipa tak luput dari amuk massa.

Puluhan personel Polres Polewali Mandar langsung turun tangan membantu memadamkan kobaran api yang membakar ratusan batang pipa yang siap dipasang. Warga menolak proyek bernilai miliaran rupiah itu dinilai akan membuat sungai kering dan merugikan petani di daerah tersebut.

Para petani meyakini proyek ini akan membuat sekitar 2.000 hektar lahan pertanian kering. Warga sudah berulang kali menyuarakan penolakan bahkan hingga mendatangi DPRD Polewali Mandar berharap mendapat dukungan para wakil rakyat.

 

[NEXT-FAJAR]

Namun warga kecewa lantaran rapat pleno DPRD memutuskan tetap melanjutkan proyek tersebut. “Para petani juga berhak hidup dan memperjuangkan 2.000 hektare lebih lahan yang terancam kekeringan jika proyek tatap diteruskan. Kita berharap pemerintah membuka mata,” ujar juru biecara warga, Ambar.

Kapolres Polewali Mandar AKBP Agoeng Adi Kurniawan tidak membantan tentang penolakan berbuntut perusakan pimpin proyek tersebut. Agung meminta warga yang tidak menyetujui proyek menyampaikan aspirasi dengan santun dan tidak anarkis.

“Dari awal warga memang menolak keras. Kita persilakan warga yang tidak setuju menyampaikan aspirasi dengan cara yang santun, bukan dengan melakukan tindak pidana seperti hari ini,” katanya. (rilis)

 

loading...
Click to comment
To Top