BPBD Enrekang Bentuk 139 KMPB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

BPBD Enrekang Bentuk 139 KMPB

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang melalui Seksi Pencegahan membentuk Kelompok Masyarakat Penanggulangan Bencana (KMPB) di 12 Desa. Ini adalah tahun ketiga BPBD Enrekang membentuk KMPB sejak tahun 2013 lalu.

Pembentukan KMPB tahun ini dimulai di Desa Banua Kecamatan Bungin. 12 desa tersebut adalah, desa Banua, Tallang Rilau, Lebani, Baringin, Mandalan, Mekkala, Baroko, Kendenan, Ledan, Tallung Tondok, Bolang dan Bontongan.

Kepala Seksi Pencegahan, Lukman Dering mengatakan, pembentukan KMPB merupakan program tahunan yang dilakukan BPBD Kabupaten Enrekang.

“KMPB ini sudah dibentuk sejak tahun 2013. Berarti tahun ini adalah tahun ketiga pembentukan KMPB desa di Kabupaten Enrekang,” kata Lukman Dering, Kamis 22 Oktober.

Hingga tahun 2015, sudah ada 36 KMPB desa yang terbentuk dari 129 desa yang ada di Kabupaten Enrekang. “Program kita adalah membentuk KMPB di seluruh desa, dan ini dilaksanakan secara bertahap,” lanjut Lukman Dering.

Selain mengukuhkan pengurus KMPB Desa, juga dilakukan pembinaan lewat sosialisasi dengan melibatkan intansi terkait, seperti TNI, Polri Kantor Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Dinas Sosial.

Intansi ini secara bergiliran memberikan materi kepada para anggota KMPB.

Kodim 1419 dan Polres Enrekang masing-masing membawakan materi tentang Peran dan fungsi TNI dan Kepolisian serta peduli lingkungan dalam penanggulangan. Sementara, Kantor Lingkungan Hidup dan Kebersihan membawakan materi tentang Peran dan Fungsi Kantor Lingkungan Hidup dalam penanggulangan bencana. (iad)

To Top