Disdukcapil Support Gerakan Sayang Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Disdukcapil Support Gerakan Sayang Anak

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA —  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba mensupport gerakan nasional sayang anak. Salah satunya dengan melaksanakan program kepemilikan akta kelahiran bagi pelajar madrasah se Kabupaten Bulukumba.

Hal ini terlihat pada kegiatan bekerja sama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Australia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Kecamatan Kindang. Ini merupakan kegiatan awal yang nantinya akan dilaksanakan di seluruh madrasah.


Kepala Disdukcapil Bulukumba, Andi Mulyati Nur, menjelaskan, program ini sebagai wujud nyata dukungan pemerintah daerah terhadap pemenuhan hak-hak anak khususnya terkait identitas kependudukan mereka. Selain itu, sekaligus mendukung program nasional percepatan kepemilikan identitas hukum bagi anak.

“Semoga kerja sama ini bisa berkelanjutan sehingga bisa menyentuh seluruh anak di Bulukumba. Akta kelahiran ini sangat penting untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak, termasuk hak hukumnya,” jelasnya, Kamis 22 Oktober.

Menurut mantan sekretaris DPRD Bulukumba ini, pihaknya menargetkan penuntasan masalah dokumen kependudukan khususnya akta kelahiran bagi anak berusia 0 – 18 tahun hingga 2019 mendatang. Salah satu langkah konkret yang dilakukan untuk mendukung program tersebut dengan melakukan pendataan dan validasi data kependudukan hingga ke pelosok desa.

“Dan kami juga berharap perasan serta masyarakat untuk proaktif melaporkan setiap perubahan data pribadi dalam dokumen kependudukannya,” pangkasnya. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top