Haid Lebih Dari Dua Kali Sebulan Pertanda Bahaya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Haid Lebih Dari Dua Kali Sebulan Pertanda Bahaya?

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Wanita terkadang memiliki siklus haid yang tidak normal. Ada yang haidnya jarang, tidak rutin setiap bulannya, namun ada juga yang lebih dari dua kali sebulan.

Kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah polimenorea. Siklus haid yang kurang dari 21 hari.

Spesialis Kandungan, Rs.Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Dr. dr. Isharyah Sunarno, Sp.OG (K) menuturkan, gangguan haid merupakan sepertiga kasus kunjungan pasien di poliklinik rumah sakit.Setengahnya bahkan memerlukan tindakan pembedahan pengangkatan rahim merupakan kasus perdarahan tidak normal.

“Seiring bertambahnya usia, siklus haid menjadi lebih panjang atau jarang mengalami haid dan akhirnya berhenti sama sekali (menopause). Sebaliknya, jika memiliki siklus haid kurang dari 21 hari, maka keadaan ini disebut sebagai polimenorea, artinya haid terjadi lebih sering,” ungkapnya, Senin, 22 September kemarin.

Polimenore, merupakan gejala dari kelainan atau penyakit tertentu.Penyebabnya, adanya benda asing di jalan lahir, trauma, ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan penebalan dinding dalam rahim (hiperplasia endometrium), endometriosis (dinding dalam rahim atau endometrium tumbuh dan aktif di tempat lain selain dinding dalam rahim), tumor di rahim (misalnya : mioma, polip) dan atau di indung telur (misalnya : tumor embrional, sex cord stromal tumor).

lainnya adalah bisa karena perimenopause, penyakit menular seksual, stress, latihan atau olahraga berlebihan, gangguan faktor pembekuan darah, dan beberapa obat-obatan (diantaranya obat kontrasepsi).

“Untuk memastikan penyebabnya,diperlukan pemeriksaan ginekologi, termasuk pengambilan data-data tentang haid (siklus haid, lama haid, keluhan-keluhan pada saat haid; untuk itu, sangat dianjurkan bagi seorang wanita membuat kalender haid dalam setahun karena data-data haid disimpulkan dari hasil pencatatan haid selama setahun,” jelas dokter yang akrab disapa Ay ini. (Hamdani)

loading...
Click to comment
To Top