Keluarga Jamaah Haji Boleh Jemput di Donohudan, Ini Syaratnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Keluarga Jamaah Haji Boleh Jemput di Donohudan, Ini Syaratnya

SOLO, RAJA – Keluarga anggota jemaah haji diperbolehkan untuk menjemput anggota keluarganya saat tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Hal ini karena jarak tempuh antara kabupaten/kota di wilayah Soloraya tidak terlalu jauh dengan asrama haji sebagai titik kumpul kedatangan anggota jemaah haji dari Tanah Suci.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan bagi keluarga yang ingin menjemput anggota jemaah haji harus berkoordinasi dengan petugas haji di daerah masing-masing. “Sebelum menjemput harus izin dan koordinasi dengan petugas daerah di kantor Kementerian Agama [Kemenag] masing-masing daerah. Kalau sudah berkoordiansi baru bisa menjemput anggota keluarganya di asrama haji,” ujarnya, kemarin.

Gentur memprediksi banyak anggota jemaah haji asal Soloraya yang akan dijemput keluarganya saat tiba di asrama haji. Hal ini berbeda dengan anggota jemaah haji yang berasal dari luar Soloraya karena mempertimbangkan jarak tempuh.

Sejauh ini, kata Gentur, banyak anggota jemaah haji yang dijemput keluarganya saat di asrama haji. Biasanya yang dijemput yakni anggota yang sakit atau lanjut usia. “Secara prinsip memang diperbolehkan untuk menjemput anggota keluarga di asrama. Namun, hal itu juga mempertimbangkan kebijakan dari petugas daerah masing-masing, karena di setiap daerah biasanya juga ada acara penyambutan,” jelas Gentur.

Lebih lanjut, setelah mendapat izin dari petugas daerah untuk penjemputan anggota jemaah haji. Keluarga juga harus izin ke PPIH Debarkasi Solo untuk mendapat izin masuk asrama haji. Selama proses kedatangan jemaah haji, asrama haji steril dari orang luar yang tidak berkepentingan.

Untuk koper milik anggota jemaah haji, ujar dia, bisa diambil satu hari setelah pemulangan di masing-masing kantor Kemenag daerah. “Meski dijemput keluarga, anggota jemaah haji diimbau untuk mengikuti acara penyambutan yang dilaksanakan di setiap daerah,” kata Gentur. (sp)

loading...
Click to comment
To Top