Ketua DPR: Hukuman Kebiri Harus Dikaji Mendalam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ketua DPR: Hukuman Kebiri Harus Dikaji Mendalam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR Setya Novanto menyambut baik rencana pemerintah yang ingin mengeluarkan Perppu Kejahatan Seksual. Salah satu pasal Perppu berisi tentang pengebirian terhadap pelaku kejahatan seksual.

“Tapi saya merasa perlu menyarankan kepada pemerintah, ada beberapa hal yang perlu dikaji sebelum Perppu Kejahatan Seksual ini dikeluarkan. Apalagi rencana Perppu ini pasti menjadi pro kontra di masyarakat,” kata Novanto, Jumat (23/10).

Sebagai pimpinan DPR, ia mengapresiasi pihak-pihak yang telah berupaya keras dan menaruh perhatian besar terhadap kasus kejahatan itu. Apalagi, presiden, KPAI berserta jajaran menteri terkait telah melakukan rapat di Istana Negara membahas hal ini.

Namun, ada beberapa hal yang menurutnya harus diperhatikan oleh pemerintah sebelum mengeluarkan Perppu Kejahatan Seksual. Yaitu, hukum tentang hak konstitusi warga negara seperti yang tertulis dalam UUD 1945 pasal 28 b ayat 1 yang berbunyi; Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah.

Selain itu, hukum lainnya dalam KUHP pasal 287 dan 292 juga disebutkan adanya hukuman maksimal bagi para pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

“Tentunya saya juga akan meminta komisi terkait untuk mendalami wacana hukuman kebiri dan Perppu ini. Agar ada hasil yang terbaik untuk kita semua,” tambah Novanto.(fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top