Omzet Pengrajin Cincin Terus Anjlok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Omzet Pengrajin Cincin Terus Anjlok

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Akhir-akhir ini omzet atau pendapatan para pengrajin perhiasan atau cincin terus anjlok akibat daya pikat dari batu akik menurun.

Dari pantauan FAJAR, lapak penjualan batu akik di sekitaran Jl. Lanto Dg Pasewang, Bulukumba terlihat sepi bahkan beberapa penjual memilih menutup lapak jualannya.

Seorang pengrajin cincin di jalan Ahmda Yani, Yaya’ mengaku merugi dan memilih menghentikan pengambilan barang. “Dulu dalam seminggu saja stok terus habis, sekarang malah terbalik. Omzet bahkan turun hingga 50 persen dari biasanya,” kata Yaya’, Jumat 23 Oktober.

Ia mengatakan, tetap bertahan dengan bisnis seperti itu sebab tidak memiliki pekerjaan lain. “Dulu bisa dapat Rp 1 juta per hari, namun kini Rp 500 ribu saja tidak sampai, untuk biaya keperluan sehari-hari saja kadang tidak cukup,” tambahnya.

Kondisi berbeda justru dirasakan Usman, penjual cincin akik di Pasar Sentral Bulukumba. Meski kondisi penjualan sudah sepi, namun ia tetap memilih berjualan.

“Setidaknya ada 1 atau 2 yang laku per harinya daripada menutup kios dan tidak ada sama sekali pemasukan,” kata Usman.

Menurutnya, kemungkinan penyebab dari menurunnya daya pikat adalah karena masyarakat sudah banyak memiliki koleksi batu akik dan penjual batu akik juga sudah banyak tersebar. ( (Mustaqim)

loading...
Click to comment
To Top