Pulang Ronda, Dua Mobil Pak Kades Hangus Dibakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Pulang Ronda, Dua Mobil Pak Kades Hangus Dibakar

FAJAR.CO.ID, PROBOLINGGO – Warga Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jakarta, gerger di Kamis (22/10) dini hari. Mereka dikagetkan dengan aksi pembakaran dua mobil milik kepala desa setempat, Muhammad Zainullah. Dua mobil itu dibakar orang tidak dikenal hingga hangus. Akibatnya, Kades Zainullah merugi ratusan juta rupiah.

Dua mobil yang terbakar itu adalah Suzuki APV bernopol K 1351 XO dan Mitsubishi Kuda nopol P 1361 E. Dua mobil tersebut mengalami kerusakan parah.  Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Bromo (Fajar Group), saat itu dua mobil tersebut diparkir berdampingan di depan rumah Zainullah di tepi jalan Desa Asembakor.

Aksi itu terjadi sekitar pukul 03.10. Yang mengetahui dua mobil tersebut dilalap api adalah Fitri, 33, tetangga Zainullah. Kepada Jawa Pos Radar Bromo (Fajar Group), Fitri menuturkan bahwa saat itu dirinya tidur di ruang tamu rumahnya bersama seorang anaknya.

Saat terbangun sekitar pukul 03.10, dia melihat sekilas bahwa kondisi di depan rumahnya sudah terang. Dia mengintip dari balik gorden rumahnya. Saat itu dia melihat dua mobil Zainullah dilalap api. Selanjutnya, Fitri keluar rumah dan memberi tahu sang Kades.

”Karena panik, saya sempat kesulitan untuk membuka kunci pintu rumah. Setelah keluar, saya langsung ke rumah Pak Tinggi (sebutan untuk Kades, Red) dan berteriak kebakaran,” katanya saat ditemui kemarin.

[NEXT-FAJAR]

Tidak berselang lama, Zainullah keluar rumah. Dia lantas meminta bantuan sejumlah warga. Dalam waktu singkat, warga berdatangan untuk memadamkan api yang sudah membesar. ”Api dipadamkan dengan air keran. Pakai timba, dibantu warga,” ujarnya.

Zainullah mengungkapkan, sejatinya kemarin dirinya baru pulang ke rumah sekitar pukul 02.30, setelah ronda bersama warga. Sebab, beberapa hari sebelumnya sempat terjadi pencurian di desa. ”Saya baru saja masuk ke rumah. Tidak lama ketika mau tidur, malah dengar teriakan dari luar rumah,” kata Zainullah.

Insiden pembakaran dua mobil Kades tersebut mendapat perhatian Polres Probolinggo. Kemarin pagi Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setyawan langsung turun ke lokasi kejadian. Bersama anggotanya, Iwan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan kepada sejumlah warga.

Berdasar hasil olah TKP itu, diduga mobil Zainullah dibakar sekitar pukul 03.00. Pelaku diperkirakan membakar dua mobil tersebut dengan cara meletakkan tumpukan gombal (pakaian bekas) di antara dua mobil dan disiram bensin. Lantas, dibakar sampai merambat ke dua mobil.

”Kami mengamankan barang bukti berupa jeriken besar berisi bensin dan kain yang telah disirami bensin dan dibakar,” kata Iwan kemarin. (mas/mie/c10/dwi/jpnn)

Click to comment
To Top