TNI Kerahkan Dua Kapal Evakuasi Korban Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

TNI Kerahkan Dua Kapal Evakuasi Korban Asap

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setidaknya ada dua kapal TNI jenis Landing Platform Dock (LPD) yang disiapkan sebagai tempat evakuasi korban asap terutama anak-anak dan balita di wilayah provinsi Sumatera dan Kalimantan. Kedua kapan itu adalah kapal rumah sakit KRI dr. Suharso-990 dan KRI Banda Aceh-593.

“TNI AL akan menyediakan kapal ini sebagai tempat tinggal sementara, khususnya anak-anak dan balita, setidaknya sampai kondisi udara membaik,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI M. Zainudin di kantornya, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/10).

Evakuasi dengan kapal perang itu dilakukan apabila indeks standar pencemaran udara (ISPU) di daerah terdampak kabut asap sudah mengkhawatirkan. Selain itu,  upaya lain tak bisa ditempuh.

Zainudin menambahkan, keputusan pengerahan kapal perang jenis LPD ini merupakan kebijakan pemerintah yang telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kemungkinan, untuk sementara waktu, para anak, dan balita akan ditempatkan di kapal perang selama beberapa hari agar terhindar dari kabut asap yang semakin pekat,” tambah Zainudin. (ian/jpnn)

To Top