Wali Kota Copot Kepala SMAN 5, Ini Penyebabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Wali Kota Copot Kepala SMAN 5, Ini Penyebabnya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Carut-marut yang terjadi di SMN Negeri 5 Makassar berakhir klimaks. Wali Kota, Moh Ramdhan Pomanto akhirnya mengambil langkah tegas, mencopot Kepala SMA 5, Rahmat. Surat keputusan wali kota perihal pencopotan itu dikeluarkan, Jumat 23 Oktober hari ini.

Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman H Paragga tidak membantah informasi pencopotan dimaksud. “Iya benar yang bersangkutan sudah dicopot,” ujarnya singkat.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Makassar, Ariati Puspasari Abadi juga membenarkan tentang kebijakan wali kota tersebut. Namun dalam SK Wali Kota bukan pencopotan, melainkan pemberhentian sementara. Dalam SK, disebutkan juga bila yang bersangkutan tidak terbukti maka, Rahmat bisa dikembalikan menjabat Kepala SMAN 5.

“Kalau pencopotan saya rasa itu keliru. Pak Rahmat selaku Kepsek hanya diberhentikan sementara. Artinya yang bersangkutan masih diberikan kesempatan. Nah kalau tidak terbukti, maka akan dikembalikan apakah sekolah lain atau masih sekolah itu,” ujar Ariati, Jumat 23 Oktober.

Alasan pemberhentian itu terkait laporan dugaan pungutan liar (pungli) di sekolah. Laporan beberapa orangtua siswa tersebut ditindaklanjuti tim Inspektorat Makassar. “Jadi, berhubung Kepala SMAN 5 diberhentikan, maka Wakil kepsek ditugaskan menjadi pelaksana harian,” katanya. (jai)

To Top