Adu Keahlian IT di Hackathon 2.0 Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Adu Keahlian IT di Hackathon 2.0 Makassar

FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Setelah sukses menyelenggarakan Hackathon Merdeka pada Agustus lalu, Code4Nation kini kembali menggelar Hackathon Merdeka yang serentak digelar di 28 Kota ini mulai digelar Sabtu, 24 Oktober hingga Minggu 25 Oktober.

Kegiatan ajang kumpul para pejuang IT dan developer ini juga digelar di Makassar Digital Lounge Jalan DR Sam Ratulangi.

Dalam sambutannya, Direktur Telkom Jakarta yang juga salah satu juri Hackathon Merdeka 2.0, Achmad Sugiarto, mengatakan Telkom sangat mendukung event positif ini.

Dia mengatakan ini juga sebagai bentuk nyata dukungan Telkom terhadap kreativitas anak bangsa dan industri kreatif digital.

“Ajang ini akan mendorong tumbuhnya talenta-talenta berbakat dan digital preneur di tanah air. Hal ini inline dengan program Indigo dari Telkom (indigo.id),” sebutnya.

 

[NEXT-FAJAR]

Lebih lanjut, kata dia, tujuan ajang hackathon ini juga untuk menampung inisiatif para kreator.

Kali ini hackathon merdeka 2.0 ini mengangkat tema kependudukan. Sehingga Para IT dan programmer ditantang untuk membantu menghadapi isu kependudukan seperti KTP, BPJS, akta kelahiran, warga miskin atau kaum dhuafa, anak putus sekolah, anak berprestasi/berpotensi, antrian rumah sakit, pencarian kerja dan juga pengangguran.

“Harapannya hackhathon merdeka 2.0 ini mampu mematangkan sinergi antara pemerintah, komunitas IT dan industri start up dalam menghadapi isu-isu kependudukan,” harapnya.

Ditambahkan Anto sapaan akrab Achmad Sugiarto pada kegiatan itu para para developer ditantang dalam waktu 1X24 jam bisa menghasilkan satu aplikasi sesuai tema yang mensolusikan masalah kependudukan.

“Nantinya tim terbaik yang terpilih akan mendemonstrasikan langsung aplikasinya kepada Presiden RI pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015 mendatang,” jelasnya.

 

[NEXT-FAJAR]

Hackaton kali ini juga digadang-gadang sebagai hackaton yang terbesar di dunia karena akan diikuti oleh sekitar 1700 peserta yang terbagi ke dalam 620 tim.

Meski terbesar di dunia sebelumnya melibatkan 1214 peserta di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2013.

Perhelatan IT ini digelar di 28 kota ini akan diselenggarakan di kantor-kantor Telkom, kecuali yang di Sidney, Australia.

Menariknya kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh jajaran pemerintah terkait, termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). (Arini)

 

loading...
Click to comment
To Top