Bibit Padi Capai 589.850 Ton – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bibit Padi Capai 589.850 Ton

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Bulukumba sudah mulai melakukan penyerapan bibit padi dari 22 kelompok tani binaannya yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan musim tanam berikutnya.

Koordinator Penyuluh Kabupaten BKP3 Bulukumba, H. Tamsil mengungkapkan, sejauh ini pihaknya sudah mengumpulkan sebanyak 589.850 ton gabah untuk bibit. Namun jumlah tersebut masih akan bertambah bahkan dapat menyumplai ke luar daerah.

Meski di Kabupaten Bulukumba mengalami kekeringan masih ada petani yang masih bisa panen terutama petani yang menjadi binaannya. “Ada 22 kelompok tani binaan kami terletak di Gantarang, Kindang, Rilau Ale, Kajang dan Ujungloe,” katanya, Sabtu 24 Oktober.

Dia mengaku juga menyuplai bibit hingga keluar daerah seperti Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Sinjai bahkan hingga Bone. Hal tersebut dilakukan dengan melihat kebutuhan bibit di Kabupaten Bulukumba dianggap sudah cukup dan ada permintaan dari luar kabupaten.

Kecamatan lain yang tidak memiliki kelompok tani binaan seperti Bontotiro, Bontobahari, Ujung Bulu dan Herlang disebabkan karena wilayah tersebut tidak terlalu potensial untuk padi karena kondisi alam. “Saat ini kami juga sedang merampungkan suplai bibit dari kelompok tani binaan,”terangnya. (Mustaqim Musma)

Click to comment
To Top