BPBD Tetapkan Status Siaga Antisipasi Kebakaran Hutan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

BPBD Tetapkan Status Siaga Antisipasi Kebakaran Hutan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Memasuki fase kritis musim kemarau di Kabupaten Bulukumba membuat Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba menyatakan status siaga untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau 2015 di seluruh hutan di Kabupaten Bulukumba.

Kepala kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Andi Akrim menjelaskan jika BPBD juga fokus pada penanganan bencana kebakaran hutan selain mengatasi kekeringan yang semakin parah hingga Agustus lalu.

Menurut Andi Akrim, BPBD terus berkordinasi dengan pihak provinsi dan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kehutanan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulsel , dan Perhutani. “Kordinasi kita lakukan terus-menerus,” ujarnya, Sabtu 24 Oktober.

Kebakaran yang terjadi di gunug Lomppo Battang yang berada di lima titik kabupaten yakni Kabupaten Bantaeng, Sinjai, Jeneponto, Gowa dan Bulukumba ini juga telah di tindak lanjuti oleh tim dari BPBD kabupaten Bulukumba bersama dengan beberapa tim dari istangsi lainya telah diturunkan untuk memantau kebaran ke gunung Lomppo Battang.

“BPBD sudah mengantisipasi kebakaran di Lomppo Battang, dan tim sudah kembali, karena yang terbakar bukan gunungnya namun hanya hutan perbatasan” kata Akrim.

Bukan hanya itu Andi Akrim mengatakan kalau pihaknya tetap melakukan sosialisasi bahaya kebakaran kepada seluruh masyarakat Bulukumba agar tidak sembarang menbuang puntung rokok apalagi didalam hutan, karena pertiwa kebakaran ini juga terjadi dilahan milik warga di desa Taccorong kecamatan Gantarang Kamis sore 22 Oktober lalu.

“Kalau kebakaran lahan memang telah terjadi di lokasi lahan milik warga yang tidak jauh dari mapolres Bulukumba, namun ini cepat diantisipasi” jelasnya.(Mustaqim Musma)

loading...
Click to comment
To Top