Jalan Beton Maros Butuh Rp70 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Jalan Beton Maros Butuh Rp70 Miliar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Maros membutuhkan sedikitnya Rp70 miliar untuk merampungkan proyek jalan beton. Jalur hingga ke desa-desa se-Maros itu bakal di-cor dengan semen curah, sehingga tidak ada lagi jalur antar desa di Maros yang tidak bisa diakses.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU, Mostasim menjelaskan anggaran itu telah diusulkan dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA), dalam APBD 2016. Bina Marga menghitung, panjang jalan yang belum dicor di Maros mencapai 500 km, dengan estimasi biaya Rp70 miliar.

“Kami sudah kalkulasi dan ajukan ke Dewan, anggarannya sama dengan tahun lalu dan kami harap dikabulkan,” ujarnya, Sabtu 24 Oktober.

Sementara proyek pengecoran berjalan, jalan yang rampung bakal segera di hotmix. Survey jalan yang sudah layak diaspal sementara dilakukan, Targetnya, jalan-jalan beton dalam kota yang akan di-hotmix duluan. “Menyusul di Maros Baru, sebagian Mandai dan Bontoa,” urainya.

Mantan Bupati Maros Hatta Rahman yang menggagas proyek jalan beton  mengatakan, dewan sudah seharusnya menyiapkan anggaran yang cukup pada proyek itu, sebab terbukti membawa banyak manfaat kepada masyarakat. “Periode kami sudah dibangun sekira 800 km. Hasilnua, pergerakan masyarakat desa ke kota lancar, jika transportasi lancar, perekonomian juga bergerak,” ujarnya.

Salah satu yang paling terasa manfaatnya yakni jalan Poros Moncongloe. Jalur itu selain menghubungkan jalur yang sebelumnya terputus dari Bantimurung-Moncongloe, juga memecah kemacetan di batas kota sebab terhubung dengan Makassar. (ris)

loading...
Click to comment
To Top