Risma: Saya Heran, Tidak Ada Masalah Kok Jadi Tersangka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Risma: Saya Heran, Tidak Ada Masalah Kok Jadi Tersangka

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Setelah mencuatnya surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) yang diterima Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) dari Ditreskrimum Polda Jatim yang menetapkan Tri Rismaharini sebagai tersangka penyalahgunaan wewenang terkait pemindahan tempat penampungan sementara (TPS) di Pasar Turi,  calon wali kota (cawali) nomor urut 2 itu pun angkat bicara.

Mantan wali kota Surabaya tersebut menyatakan pernah diperiksa sehubungan dengan laporan persoalan TPS Pasar Turi. Saat itu pemeriksaan dilakukan Polda Jatim untuk meminta keterangannya sebagai saksi.

”Pernah diperiksa sebagai saksi. Saya juga didampingi asisten I dan bagian hukum. Termasuk kuasa hukum saya dari Peradi,” katanya sebelum menghadiri pembekalan saksi di Gedung  Wanita,  Kalibokor,  Surabaya, Jumat (23/10).

Pemeriksaan oleh Polda Jatim dilakukan pada 28 Mei 2015 dan gelar perkara dilakukan pada pertengahan September 2015. Namun, saat itu tidak ada bukti sama sekali. Bahkan, konteksnya, Pemkot Surabaya tidak punya kewajiban untuk membongkar TPS karena itu menjadi tanggung jawab developer yang  membangun Pasar Turi Baru.

Karena  itu, Risma mengaku heran atas kabar dijadikannya dirinya sebagai tersangka. Sebab, selama  ini tidak ada status yang diberikan saat dilakukan pemeriksaan maupun dilakukan gelar perkara.

”Saya juga heran, kok jadi tersangka. Padahal, saat ada gelar kasus, tidak ada yang melanggar,” katanya.

”Saya  sampaikan  bahwa  pedagang yang  ada  di  TPS  punya  persoalan karena  mereka  tidak  mau  pindah  ke lokasi. Karena banyak tarikan, mereka tidak  mampu  bayar.  Saya  sebagai pemimpin  wajib  melindungi  warga saya  karena  merekalah  yang  sebenarnya  berhak  menempati karena menjadi korban,” papar Risma. (rud/jay/awa/jpg)

Click to comment
To Top