Soal Status Tersangka Risma, Pengamat: Kapolri Tidak Boleh Diam… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Soal Status Tersangka Risma, Pengamat: Kapolri Tidak Boleh Diam…

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Kabar mengejutkan kembali muncul terkait dengan mantan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Setelah sebelumnya terancam gagal berlaga di pemilihan walikota Surabaya, kali ini Polda Jawa Timur “menghadiahkan” status tersangka untuk Risma terkait kasus penyalahgunaan wewenang pembangunan Pasar Turi, Surabaya.

Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi melihat penetapan status tersangka untuk Tri Rismaharini oleh Polda Jatim tersebut sangat prematur dan kental dengan aroma “politik”. Menurut dia, yang sangat janggal status tersangka baru dilekatkan saat tahapan Pilwali Surabaya tengah bergulir.

“Ada-ada saja cara Polda Jatim menetapkan status tersangka untuk Tri Rismaharini. Apakah seluruh tahapan penyidikan yang dilakukan aparat Polda Jatim memenuhi prosedur hukum yang benar?,” kritik Ari, Sabtu (24/10).

Di tengah menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap polisi yang tengah di bawah titik nadir, ia menilai ulah Polda Jatim tersebut sangat berlawanan dengan logika yang sehat dari warga Surabaya.

“Publik akan menilai cara-cara Polda Jatim akan membunuh harapan warga Surabaya yang menghendaki kesinambungan pembangunan di ibukota provinsi Jawa Timur ini,” tegas pengajar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) tersebut.

[baca juga: SKCK Dicabut, Risma Bisa Dicoret dari Pencalonan]

Ari mengatakan, seharusya Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas segera menurunkan tim ke Surabaya untuk menilai prosedur kerja aparat penyidik.

“Kapolri juga tidak boleh diam dengan ulah anak buahnya yang terlalu kreatif mencari-cari ‘prestasi’ yang memalukan,” tandas Ari Junaedi yang juga dosen di sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Universitas Paramadina dan Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta. (wid/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top