Bahaya… Begal Lakukan Kaderisasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Bahaya… Begal Lakukan Kaderisasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aksi begal seperti tak ada habis-habisnya. Meski sudah banyak dilibas, kaderisasi mereka tak putus. Buktinya, tiga pencuri dan pembegal sepeda motor berisial, JD, 20; FB, 23 dan SF, 16 yang diamankan Subdit Resmob Reskrimum Polda Metro Jaya, diduga merupakan hasil kaderisasi kelompok dari Lampung Timur.

Mereka diduga sedikitnya sudah 30 kali beraksi di kawasan Depok, Jawa Barat sejak 2015 ini.

“Kami menduga ada tindakan semacam itu (kaderisasi),” kata Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Handik Zusen, Minggu (25/10) di Mapolda.

Namun, Handik menegaskan, pihaknya masih harus melakukan penelusuran lebih jauh untuk memastikan. Yang pasti, Handik menjelaskan, erdasarkan pengakuan pelaku mereka  berasal dari Lampung Timur.

Bahkan, yang paling muda, SF, diketahui tinggal sekampung dengan pimpinan kelompok berinisial IP yang kini masuk daftar pencarian orang.

Handik menambahkan, dari beberapa kelompok asal Lampung yang sudah ditangkap, diketahui sebagian besar  merekrut pemuda yang usianya di bawah 20 tahun bahkan di bawah umur. “Ini berbahaya, karena ini jadi seperti pengkaderan,” kata Handik.

Dikhawatirkan Handik, akhirnya anak-anak di bawah umur itu nantinya akan membentuk kelompok baru dengan cara yang sama.  (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top