Debat Kandidat Referensi Warga Memilih Bupati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Debat Kandidat Referensi Warga Memilih Bupati

FAJAR.CO.ID, MAROS — Debat kandidat Pilkada Maros yang berlangsung kemarin, Sabtu 24 Oktober menjadi referensi warga untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Maros, 9 Desember mendatang. Debat berlangsung seru, namun diwarnai statment bernada menyudutkan.

Salah satunya, peryataan dari Cawabup nomor urut dua, Sudirman yang menyebut jalan beton Maros yang selama ini dibanggakan petahana, justru dirintis oleh bupati terdahulu Andi Najamuddin. “Kualitas jalan beton itu juga lebih bagus dari yang saat ini, bisa bertahan hingga dua puluh tahun kedepan,” katanya.

Incumbent Hatta Rahman menyindir statment tersebut sebagai pernyataan tanpa fakta ilmiah dan tidak didukung data. Apalagi, Hatta justru sukses membangun 507 kilometer jalan beton mulus, dibanding bupati sebelumnya yang hanya 70 kilometer. “Lagipula, pertanyaan Sudirman itu hanya ditujukan ke Hatita’, ada apa?,” imbuh Cawabup Harmil Matotorang.

Sementara, pasangan nomor urut satu Imran Yusuf-Said Patombongi lebih banyak sepakat dengan statement Hatita’, sembari memberi contoh-contoh kontekstual. Sorotan justru datang ketua tim media Iman, Fajrin Yusuf yang menyebut debat kandidat tidak dipersiapkan baik.

“Audiens diatas panggung kepanasan sekaligus kehausan, karena ini live mereka baru kebagian air setelah disampaikan ke panitia. Ruangan tertutup juga menjadi tambah pengap karena peserta lainnya merokok,” kritiknya.

Moderator debat itu adalah mantan Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas. Dia didampingi enam panelis masing-masing Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unhas, Prof Armin Arsyad, Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Prof Yusran Yusuf, Budayawan Prof Nurul Ilmi, Sosiolog Muh Darwis, dan Pakar Hukum UMI Prof Muin Fahmal. (ris)

loading...
Click to comment
To Top