Kemensos Bentuk Tim Penanganan Kasus Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kemensos Bentuk Tim Penanganan Kasus Anak

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSMP Toddopuli membentuk jejaring tim penanganan kasus anak di Hotel Singgasana, Minggu 25 Oktober.

Dalam rilsinya, Humas Kemensos Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSMP Toddopuli, Nur Alam mengatakan, pertemuan itu dilakukan guna membangun sinergitas lintas sektor dan menyamakan persepsi terkait pengelolaan kasus permasalahan sosial termasuk anak yang berhadapan dengan hukum (ABH).

“Kasus kenakalan anak makin kompleks, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Telah banyak kasus ditangani. Kegiatan capacity building pekerja sosial dan praktisi media ini mampu memberikan kesepahaman yang sama,” ujarnya.

Pekerja Sosial asal STKS Bandung, Rini Hartini Rinda dalam materi manajemen kasus menjelaskan pemahaman case manajemen diharapkan mampu mengawal kasus anak yang belum berusia 12 tahun melakukan tindak pidana atau diduga melakukan tindak pidana.

[NEXT-FAJAR]

Selain itu lanjutnya upaya itu juga diberikan bagi anak yang sedang menjalani proses hukum di tingkat penyidikan, penuntutan, dan pengadilan.

“Peksos yang menjalankan amanat UU No.11 tahun 2012 tentang SPPA bisa bertindak sebagai manajer kasus sebagai upaya bersama melindungi dan memulihkan anak yang berhadapan dengan hukum. Dan memberikan mereka kesempatan tumbuh-kembang,” ucap pengajar STKS Bandung itu.

Kegiatan tiga hari di Makassar itu melibatkan Dinas Sosial Kota Makassar, Dissos Pemprov Sulsel, PSTW Gau Mabaji Gowa, PSBD Wirajaya, Forum Jurnalis Perlindungan Anak (FJPA) Sulsel dan Redaktur Majalah PSMP Toddopuli-Empati serta menghadirkan tenaga pengajar STKS Bandung Dorang Luhpuri, SIP Ph.D yang membawakan materi Terapi Psikososial Anak yang Berhadapan dengan Hukum dalam kegiatan Case Management PSMP Toddopuli. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top