Pelaut Bugis Syiarkan Islam di Klungkung Bali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pelaut Bugis Syiarkan Islam di Klungkung Bali

FAJAR.CO.ID, DENPASAR – Pelaut Bugis memiliki peranan penting dalam syiar Islam di Pulau Seribu Pura, Bali. Tak hanya di Pulau Serangan, Denpasar. Konon, pelaut dan pedagang Bugis-lah yang datang lebih awal di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jauh sebelum para ulama lain datang ke kampung tersebut.

Juru kunci makam Habib Ali bin Abubakar bin Umar bin Abubakar Al Khamid, Haji Mugni menjelaskan, selain terdapat makam Habib Ali, juga ada beberapa makam saudagar dan pelaut Bugis yang berada di sisi makam Habib Ali.

Penyebaran Islam di Klungkung, beber Mugni, tidak terlepas kedatangan pelaut dan pedagang Bugis di Klungkung.

Salah seorang rombongan wisata relijius yang digelar Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Konsorsium Laa Ilaha Illalah Group, Linda, mengatakan, dengan perjalanan wisata relijius di Bali, kita dapat mengetahui penyebaran Islam di Klungkung ternyata tidak dapat dipisahkan dari pelaut Bugis.

“Pelaut Bugis memiliki peranan dalam penyebaran Islam di Klungkung,” ujarnya, Minggu 25 Oktober. Dalam wisata religius yang dikemas dalam Bali Muslim Tours sebagai napak tilas perjuangan sejumlah tokoh penyebar syiar Islam di Pulau Dewata, Bali .(eds)

To Top