Berkunjunglah ke Tujuh Negara ini, Kalian Akan Terkagum-Kagum dengan Penghasilan Warganya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Berkunjunglah ke Tujuh Negara ini, Kalian Akan Terkagum-Kagum dengan Penghasilan Warganya

FAJAR.co.id- Untuk mendapatkan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu negara, maka indeks yang digunakan adalah pendapatan per kapita. Berikut adalah tujuh negara yang memiliki rangking terbaik dalam hal kemakmuran warganya.

1 Uni Emirat Arab

Menjadi salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia, Uni Emriat Arab masuk sebagai negara kaya di dunia. Bahkan untuk tingkat pendapaptan masyarakat, UEA menempati peringkat ke-7 dunia untuk soal pendapatan perkapita masyarakat. Tahun 2015 ini UEA mencatat pendapatan per kapita sekitar US$ 67.000 atau Rp 912 juta (asumsi kurs Rp 13.613 per dolar AS).

2. Norwegia 

Soal tingkat kesejahteraan, Norwegia menempati posisi ke-6 berdasarkan pendapatan per kapita masyarakat. Dengan begitu, negara ini patut sebut sebagai salah satu negara paling makmur di dunia.

Tahun 2015 ini, pendapatan per kapita Norwegia sekitar US$ 68.000 atau sekitar Rp 925 juta (asumsi kurs Rp 13.613 per dolar AS). Jatuhnya harga minyak baru-baru ini menyajikan tantangan tersendiri bagi perekonomian Norwegia.

3. Kuwait

Bergantung pada ekspor minyak, Kuwait menjadi salah satu negara dengan kemampuan pembangunan paling pesat. Meski kini harga minyak mengalami fluktuasi, negara ini tetap mampu mengatur alternative pendapatan negaranya dengan cara-cara kreatif.

Pembangunan infrastruktur seiring dengan pendapatan per kapita masyarakat. Tahun ini pendapatan per kapit di Kuwait hampir US $ 72.600 atau sekitar Rp 988,30 juta (asumsi kurs Rp 13.613 per dolar AS).

4. Brunei Darussalam

Persis dengan negara penghasil minyak diatas, Brunei Darussalam juga unggul dalam hal ekspor minyak dan gas dunia. Dengan potensi sumber daya alam yang tinggi serta minus jumlah penduduk, mudah saja bagi Brunai untuk melakukan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

IMF memperkirakaan per kapita Brunei sekitar US$ 80.000 atau sekitar Rp 1,08 miliar pada 2015.

 

5. Singapura

Inilah negar salah satu negara ASEAN yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi yakni sekitar US$ 85.000 atau Rp 1,15 miliar. Meski tidak seberuntung Brunai dan negara-negara Arab soal potensi sumber daya alam. Namun Singapura bertransformasi menjadi negara yang unggul dari sektor perdagangan.

Salah satu yang diakui dari negara ini adalah fanktor fundamental yang kuat disektor perniagaan.

6. Luksemburg

Berbagai perusahaan jasa keuangan melirik negara Losemburg karena kemampuan ekonominya yang kuat serta utang public yang rendah. Lusemburg mencatat pendapatan per kapita tertinggi di dunia dengan perkiraan mencapai US$ 94.000 atau sekitar Rp 1,27 miliar pada 2015.

7. Qatar

Inilah negara paling sejahtera di dunia. Qatar adalah negara yang memiliki infrastruktur terbaik dan memiliki tingkat pendapatan masyarakat yang baik. Sumber pendapatan negara ini adalah minyak dan gas.

Pada 2015, pendapatan per kapita Qatar diperkirakan sebesar US$ 146.000 atau sekitar Rp 1,46 miliar.  Bahkan karena kemampuannya disektor infrastruktur, Qatar didaulat menjadi penyelenggara piala dunia 2022. (iqi)

 

To Top