Dewan Kudus Setuju Desa Diberi Motor Sampah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dewan Kudus Setuju Desa Diberi Motor Sampah

KUDUS – Komisi C DPRD Kudus menyetujui pengadaan becak motor sampah pada APBD Perubahan 2015 sebesar Rp 2,7 miliar lalu. Nantinya becak motor sampah tersebut akan digunakan untuk membantu kebersihan di desa yang sebelumnya telah mengajukan.

Ketua Komisi C DPRD Kudus Agus Imakuddin mengatakan, anggaran Rp 2,7 miliar tersebut bisa mendapatkan becak motor sampah sekitar 90 unit. Nantinya akan dipinjamkan ke pemerintah desa yang tersebar di sembilan kecamatan.
”Kami sudah menyetujuinya,” kataAgus Imakudin, Minggu (25/10).
Akhir tahun anggaran, becak motor sampah tersebut bisa digunakan.
Pengadaan becak motor sampah tersebut lebih kepada upaya pemkab untuk menangani sampah. Melakukan antisipasi masih adanya masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dengan adanya becak motor sampah tersebut, nantinya pemerintah desa bisa mengorganisir untuk menjemput sampah.
Pemerintah desa juga wajib untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hidup bersih.
”Pemkab sudah memfasilitasi, pemerintah desa juga harus membantu sosialisasi untuk menjaga lingkungan sekitarnya.Kita prihatin dengan banyaknya sampah yang numpuk di sungai. Bisa menyebabkan banjir saat hujan,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikataru) Kudus Sumiyatun mengatakan, sebelumnya memang sudah ada pengajuan becak motor sampah dari pihak desa. Akhirnya pihaknya menganggarkan becak motor sampah, tapi tidak berupa hibah kepemerintah desa.
”Nantinya becak motor sampah akan diberikan ke pemerintah desa dengan perjanjian pinjam pakai,” ujarnya.
Anggaran tersebut mampu untuk mengadakan 90 unit becak motor sampah. Nantinya akan diberikan menyeluruh ke desa yang memang sebelumnya sudah mengajukan. Dengan pemberian becak motor sampah tersebut, harapannya mampu memicu pemerintah desa untuk berlomba-lomba dalam kebersihan lingkungan desanya.(sf)

Click to comment
To Top