Dianggap Lecehkan TNI, Ahok Harus Diproses Hukum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Dianggap Lecehkan TNI, Ahok Harus Diproses Hukum

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan melibatkan TNI dalam mengawal truk sampah dari Jakarta menuju Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, dikritik bukan saja bentuk pelecehan terhadap institusi TNI, tapi cerminan arogansi kekuasaan gaya etnis China yang sedang berkuasa.

“Kalau TNI merasa dilecehkan sebaiknya kasus ini diproses secara hukum karena bukan saja melecehkan institusi TNI, tapi juga martabat dan harga diri. Jadi, kasus pelecehan institusi TNI ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan permintaan maaf saja, harus diproses secara hukum,” ujar pengamat politik Rusmin Effendy di Jakarta.

Menurut Rusmin, sesuai ketentuan hukum, pernyataan Ahok dapat dikatagorikan sebagai delik penghinaan atau pelecehan terhadap institusi negara serta pencemaran nama baik. Karena itu, TNI harus pro-aktif membawa kasus ini ke ranah hukum agar tidak menjadi preseden buruk di kemudian hari. Paling tidak, bisa memberikan pembelajaran kepada setiap warga negara tanpa terkecuali, apalagi sebagai gubernur DKI, Ahok seringkali memberikan pernyataan yang melukai perasaan masyarakat.

“Selama menjabat gubernur DKI,  Ahok selalu bersikap arogan dan bergaya seperti premanisme  karena merasa mendapat backing dari pihak-pihak tertentu. Padahal, belum ada prestasi yang konkrit yang berdampak langsung pada  masyarakat Jakarta. Kita tidak membutuhkan pemimpin yang seperti itu, apalagi merasa dirinya paling hebat tanpa menghargai orang,” kata dia.

Dia menambahkan, sosok Ahok yang selama ini terlihat ke publik sesungguhnya bagian dari pencitraan dirinya untuk maju kembali sebagai gubernur DKI.

“Seolah-olah dikesankan  dirinya sosok gubernur yang paling berhasil, tegas dan berani. Padahal, dia lupa ketegasan pemimpin bukan diukur dari tindakan bila  mengumbar omongan yang kasar, tidak beretika dan kehilangan kesantunan. Apalagi sebelum menjadi gubernur, sosok dan prestasi Ahok tidak ada apa-apanya.  Baik saat menjabat bupati maupun sebagai anggota DPR RI,” tegas dia.

Karena itu, lanjut Rusmin,  pelecehan yang dilakukan Ahok terhadap institusi TNI harus menjadi pembelajaran semua pihak.  “Kalau tidak diproses, Ahok akan semakin bertingkah dan institusi TNI akan kehilangan martabatnya di mata rakyat,” ujar Rusmin. (wid/rmol)

loading...
Click to comment
To Top