Evaluasi Haji Se-Nasional 3 November – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Evaluasi Haji Se-Nasional 3 November

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —  Hanya sehari evaluasi yang dilakukan Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar. Fokus evaluasi tertuju pada aula penerimaan dan pengambilan barang.
Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar, Iskandar Fellang bilang, beberapa hal terkait penerimaan akan dievaluasi terutama keteriban jemaah, proses pembagian koper, dan air zamzam.
“Tidak lama waktunya, kita hanya share masalah yang ada. Dicatat dan dicarikan solusinya. Hasil rapat ini akan kita bawa pada rapat evaluasi secara nasional pada 3-5 November nanti,” bebernya.
Terpisah, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori di Jakarta, menambahkan evaluasi haji dilaksanakan lebih cepat, untuk memperoleh masukan tentang masalah maupun kendala yang terjadi pada penyelenggaraan haji tahun ini. Dengan demikian diharapkan masalah yang muncul pada operasional haji tahun ini tidak terulang lagi.
“Yang menjadi kendala kita invetarisir, seperti masalah visa haji. Memang masalah ini karena penerapan e-hajj pada tahun pertama. Wajar kalau ada kendala sebagai sesuatu yang baru,” kata Ahda.
Meski demikian lanjut dia, seluruh jemaah haji Indonesia bisa berangkat ke Tanah Suci. “Tidak ada yang gagal berangkat karena visa, kalaupun ada yang gagal berangkat, itu karena faktor lain seperti meninggal dunia atau sakit parah yang tidak mungkin berangkat,” tukasnya.
Ahda mengatakan, evaluasi haji akan diikuti peserta dari berbagai instansi terkait dengan layanan haji. Muhammad  fadly

Click to comment
To Top