Festival Perahu Banyumas Bakal Hadir Tiap Tahun? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Festival Perahu Banyumas Bakal Hadir Tiap Tahun?

BANYUMAS, RAJA – Bupati Banyumas Achmad Husein meminta Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata menjadikan Karnaval Perahu Hias sebagai agenda tahunan, sehingga menjadi daya tarik wisata Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas.

“Saya minta kegiatan ini menjadi program rutin tahunan dan harus menggunakan tempat yang sama,” katanya saat melepas Karnaval Perahu Hias di Desa Kedunguter, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Dalam hal ini, kata dia, start dilakukan di Desa Kedunguter kemudian panggung kehormatan di Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, dan finish di Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja.

Selain itu, dia mengharapkan hadiah bagi pemenang Karnaval Perahu Hias dan Lomba Balap Perahu Pasir (perahu pengangkut pasir, red.) ditambah dari yang disediakan panitia saat ini sehingga dapat memotivasi peserta.

Oleh karena itu, dia menjanjikan untuk menambah hadiah berupa uang tunai sebesar Rp1 juta untuk masing-masing pemenang sehingga total hadiah tambahan sebesar Rp6 juta.

Sementara hadiah yang disediakan panitia untuk Karnaval Perahu Hias maupun Lomba Perahu Balap Perahu Pasir terdiri atas Juara I berupa piala dan uang Rp2,5 juta, Juara II berupa piala dan uang Rp2,25 juta, dan Juara III berupa piala dan uang Rp2 juta.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas Deskart Setyo Jatmiko mengatakan bahwa kegiatan Karnaval Perahu Hias diikuti 30 peserta baik instansi pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat, sedangkan Lomba Balap Perahu Pasir diikuti 16 regu.

Menurut dia, Karnaval Perahu Hias menyusuri rute Desa Kedunguter menuju Desa Sokawera dengan jarak sekitar delapan kilometer

Saat melintas di depan panggung kehormatan yang berlokasi di Desa Papringan, kata dia, peserta berhenti sejenak untuk kegiatan promosi batik Papringan. “Kami ingin agar Sungai Serayu menjadi sebuah tempat wisata yang didukung oleh semua elemen masyarakat. Saat ini, semua elemen sudah mulai mempersiapkan hal tersebut karena untuk wisata, Sapta Pesona harus kita mulai dari sekarang,” katanya.

Sementara untuk Lomba Balap Perahu Pasir dilaksanakan di Sungai Serayu, Desa Sokawera, atau sekitar lokasi finish Karnaval Perahu Hias. (in)

loading...
Click to comment
To Top