Hujan Diprediksi Pertengahan November – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Hujan Diprediksi Pertengahan November

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar memperkirakan curah hujan mulai pertengahan November 2015. Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Badan Metereogi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar, Sujarwo menyebutkan, dari pantauan satelit BMKG hujan dalam intensitas sedang akan turun di Sulsel pada pertengahan  hingga akhir bulan November . Sementara curah hujan tinggi diperkirakan terjadi pada akhir bulan Desember.

Sujarwo mengatakan, musim kemarau tahun ini memang lebih panjang dan lebih kering, apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh dampak pemanasan yang kuat terjadi di Samudra Pasifik.

“Sehingga semua massa udara tersedot kesana yang menyebabkan daerah kita kekurangan uap atau awan basah. Ini disebut dengan efek elnino,” terang Sujarwo, Senin 26 Oktober.

Pemanasan yang terjadi di laut Samudra Pasifik itu berada di sebalah timur Papua. Sehingga seluruh massa udara berhembus ke arah timur. Di Kota Makassar sendiri suhu udara bisa mencapai 37 derajat celsius, dari suhu normal kisaran 32-33 derajat celsius. (yusriadi/jai)

loading...
Click to comment
To Top