Indeks Demokrasi Sulsel Terbaik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Indeks Demokrasi Sulsel Terbaik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sulsel kembali mendapat pengakuan nasional. Setelah mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi, kini apresiasi yang sama kembali didapatkan oleh Pemprov Sulsel. Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut B. Panjaitan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Sulsel dalam upaya mengembangkan demokrasi dan menjaga stabilitas politik yang kondusif.

Keberhasilan ini terbukti dengan capaian Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI ) Sulsel yang mengalami peningkatan cukup signifikan dari 65,20 pada tahun 2013 menjadi 75,30 pada tahun 2014. Peningkatan IDI Sulsel ini memberikan kontribusi yang sangat penting bagi peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia tahun 2014 secara nasional.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik bersama dengan Kemenko Polhukam dan Kementerian/Lembaga terkait pada 13 Agustus 2015, Capaian IDI nasional pada tahun 2014 mengalami peningkatan 9,32 poin dari capaian IDI tahun 2013.

Ini merupakan hasil pengukuran tingkat demokrasi di Indonesia yang keenam sejak tahun 2009. Di tahun 2013, IDI nasional hanya 63,72 dan meningkat menjadi 73,04 di tahun 2014. Kenaikan tersebut tidak lepas dari kontribusi dan dukungan beberapa provinsi yang memiliki Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) yang cukup tinggi, diantaranya Provinsi Sulawesi Selatan.

[NEXT-FAJAR]

“Prestasi sulsel yang berhasil mendorong peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) ini diharapkan mampu dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” kata Kabag Humas Sulsel, Devo Khadafi, Senin 26 Oktober.

Terlebih di tahun 2015 ini, Sulsel sendiri sedang menggelar pesta demokrasi untuk 11 kabupaten.

Komitmen kuat dari pemerintah dengan dibantu oleh seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu mendorong terciptanya stabilitas politik yang kondusif seperti di pesta-pesta demokrasi sebelumnya. (Yusriadi)

Click to comment
To Top