Potensi Jambu Demak Bagus di Pasar Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Potensi Jambu Demak Bagus di Pasar Nasional

DEMAK – Seiring berjalannya waktu, potensi penjualan jambu khas Kabupaten Demak makin bagus di pasaran nasional. Hal itu dikatakan oleh Humas FEDEP Kabupaten Demak Hasyim Asyari dalam acara lomba poduk unggulan holtikultura di Demak, beberapa waktu lalu.

“Jambu khas Demak ini sudah dikenal di mana-mana. Dan tergolong buah yang amat laris. Jambu ini sudah ada di mall-mall yang ada di Jakarta maupun luar Pulau Jawa,” ujar Hasyim Asyari.
Dia menambahkan, yang termasuk dalam produk jambu unggulan khas Demak yakni ada Jambu Citra dan Delima. Perbedaannya, Jambu Citra lebih segar rasanya. Sedangkan Jambu Delima lebih manis rasanya.
“Untuk mengembangkan pasar, sebetulnya dari Bappeda Bidang Perekonomian berencana untuk membawa jambu ke luar negeri. Targetnya adalah Arab Saudi. Tapi, belum jadi,” terangnya.
Karmono, salah satu petani jambu di Kabupaten Demak mengatakan bahwa sampai saat ini dirinya masih mengalami kendala di bidang pemberantasan hama pada tanaman jambu. Pensiunan guru SD tersebut mengaku kesulitan memperlakukan pohon jambu yang diserang hama cabuk.
“Sampai saat ini ya biasanya kalau kena cabuk langsung dipangkas batangnya. Soalnya, kalau tidak dipangkas, dia akan merembet ke batang-batang lain. Tapi, kalau dipangkas terus ya habis batangnya,” keluhnya.
Meski begitu, juara bertahan dalam lomba tahunan tersebut tetap semangat dalam mengembangkan bibit unggul dari tanaman jambu. Hal itu tampak dari hasil panennya yang selalu menjadi juara di tiap lomba. Menurut Hasyim Asyari, Karmono ini termasuk petani yang telaten dan suka berinovasi. (sof)

loading...
Click to comment
To Top