Reclassering Maros Beberkan Hasil Investigasi di DPRD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Reclassering Maros Beberkan Hasil Investigasi di DPRD

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kabid HAM dan Advokasi Reclassering Indonesia Maros, Jumadi menyampaikan aspirasi dengan menggebu-gebu di ruang komisi III DPRD Maros, Senin 26 Oktober.

Aspirasi yang disampaikan sekaitan dengan pelayanan RSUD Salewangang. Dia mendesak DPRD segera membentuk pansus terkait beberapa aspirasi yang disampaikannya. “Ada sejumlah masalah yang kami temukan saat melakukan investigasi di RSUD Salewangang, di antaranya mengenai administrasi.

Kami mendapatkan adanya pasien yang menyimpan barang berharga seperti handphone jika administrasinya belum lengkap. Sementara pasien harus segera mendapatkan pelayanan. Apakah memang seperti itu SOP yang belaku” ujar Jumadi.

Selain itu, Jumadi juga mempertanyakan standar perasional prosedur perawatan. Berdasarkan investigasinya terkadang pasien disuruh membeli obat setelah perawat menjelaskan keadaan pasien melalui telepon ke dokter. “Masa hanya melalui telepon, pasien dikasih rekomendasi obat, apa itu sesuai dengan SOP yang ada,” tanyanya.

Terakhir, Jumadi mengungkap adanya dugaan bisnis obat. Pasien jamkesda dan jamkesmas yang notabene mendapatkan pelayanan gratis harus menebus obat yang tidak tersedia di apotek. “Ini sudah masalah klasik dari tahun ke tahun. Sampai saat ini tidak ada penyakit baru yang dialami masyarakat, masa tidak bisa diantisipasi. anggaran yang digelontorkan ke RSUD Salewangang juga banyak, kenapa masih saja ada kekurangan obat dan itu disuruh beli di apotek tertentu yang berada di luar RS. Ini sepertinya ada permainan,” tandasnya. (Haris Syah/jai)

Click to comment
To Top