Tanggap Kekeringan Berakhir Oktober – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tanggap Kekeringan Berakhir Oktober

PURWOKERTO, RAJA – Masa tanggap bencana kekeringan dan kesulitan air bersih di Kabupaten Banyumas masih tetap diberlakukan hingga akhir Oktober. Meski di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan dengan intensitas yang rendah, droping air tetap dilakukan Pemkab Banyumas ke wilayah yang membutuhkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo mengatakan, bahwa pihaknya tetap memberlakukan masa tanggap darurat bencana sampai 31 Oktober. Hal itu disesuaikan dengan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan musim penghujan di wilayah Kabupaten Banyumas akan dimulai sekitar akhir Oktober. “Belum ada perubahan dan mudah-mudahan prediksi itu tepat sehingga tidak ada perpanjangan lagi. Lagipula di beberapa daerah saat ini juga sudah mulai hujan meski masih sangat rendah intensitasnya,” katanya, kemarin.

Berkaitan dengan droping air bersih yang dilakukan, hingga saat ini pihaknya masih terus mengupayakan droping air secara maksimal. Dari data yang ada, sampai saat ini ada sekitar 48 lokasi di Banyumas yang mengalami kesulitan air bersih. Jumlah tersebut meningkat drastis dibandingkan dengan lokasi kekeringan yang terjadi pada tahun 2014 lalu, yang hanya sebanyak sekitar 14 lokasi.

Menurutnya, sampai saat ini wilayah-wilayah tersebut masih tertangani secara maksimal berkat adanya bantuan dari para stakeholder, baik dari pengusaha, BUMN, hingga BUMD. “Kebutuhan air di beberapa loaksi masih dapat tercukupi karena bantuan dari dunia usaha, yang beberapa waktu lalu menyumbang 50 tangki. Bahkan dalam waktu dekat akan ada lagi sumbangan air bersih dari dunia usaha di Banyumas,” jelasnya.

Diakui, sebelumnya droping air bersih dari Bakorwil III Jawa Tengah ketiga desa yaitu, Desa Suro dan Desa Srowot di Kecamatan Kalibagor, serta Desa Kebasen di Kecamatan Kebasen, memang sempat terhambat karena terganjal anggaran yang belum cair, tetapi hal itu sudah bisa diatasi. (Rd)

loading...
Click to comment
To Top