Tanribali Siap Ramaikan Pilgub Sulsel 2017 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tanribali Siap Ramaikan Pilgub Sulsel 2017

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Meskipun Pemilihan Gubernur Sulsel baru akan dilaksanakan pada akhir tahun 2017, akan tetapi sosok-sosok Bakal Calon (Balon) Gubernur Sulsel untuk periode lima tahun ke depan mulai bermunculan.

Sebut saja, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Nupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, mantan Kapolda Sulsel, IrjenPol Burhanuddin Andi, mantan Walikota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin, Aziz Kahar Muzakar, termasuk juga mantan Pejabat Carataker Gubernur Sulsel 2008, Mayjen TNI (purn) Tanribali Lamo.

Sosok Tanribali Lamo, bisa dikatakan sebagai spesialis Pejabat Gubernur di daerah konfilk politik, seperti di Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan juga Papua Barat.

Pria kelahiran Bone 15 November 1952 yang merupakan putra dari mantan Gubernur sulsel dua periode, Ahmad Lamo, ini mengaku, dirinya menghabiskan karirnya di dunia militer dengan jabatan terakhir sebagai Assiten Teritorial Mabes TNI Angkatan Darat.

[NEXT-FAJAR]

Setelah lulus dari pendidikan AKABRI, karir militernya dimulai dari Ajendam Makassar, kemudian Bandung, hingga akhirnya ditugaskan di Mabes TNI. Ia menceritakan, pada awal tahun 2007, ia banyak mendapat tawaran dari berbagai unsur dan juga pengusaha untuk maju dalam pemilihan Gubernur tahun 2008 lalu.

“Awal tahun 2007 itu, saya banyak dapat tawaran dari berbagai unsur, termasuk pengusaha untuk maju dalam Pilgub tahun 2008 lalu,” ujar Tanribali, Senin 26 Oktober.

Akan tetapi, ia mengaku, menahan diri karena saat itu ia sedang di persiapkan oleh Mabes TNI untuk mengisi jabatan sebagai Gubernur Lemhanas. Ia juga mengaku, pada awal Januari 2008, dirinya di tunjuk oleh Presiden SBY untuk menjabat sebagai Pejabat Carateker Gubernur Sulsel.

“Saya bersama isteri waktu itu sedang berada di Medan, Sumatera Utara, melaksanakan tugas negara. Saya mendapat telepon dari Panglima TNI, waktu itu, Widodo AS, agar segera kembali ke Jakarta, karena di panggil oleh Presiden SBY, dan ditugaskan untuk menjadi Pejabat Caretaker Gubernur Sulsel,” ungkapnya.

[NEXT-FAJAR]

Terkait dengan kesiapaannya maju pada pemilihan Gubernur Sulsel 2017, ia mengaku, kalau memang masyarakat menginginkan dan mendukung ia untuk maju mencalonkan diri, ia menyatakan siap untuk itu. Ini disampaikannya saat bertemu dan berbincang-bincang dengan sejumlah Wartawan di Hotel Grand Clarion, usai menghadiri rangkaian peringatan HUT Sulsel ke-346.

“Kalau memang masyarakat menginginkan dan mendukung saya untuk maju pada Pilgub mendatang, saya siap,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin, Firdaus Muhammad, mngatakan, peluang Tanribali Lemo untuk maju sangat terbuka, dan menurutnya, ia bisa bersaing dalam Pemilihan Gubernur nanti.

“Beliau memiliki modal politik, baik sebagai putra daerah maupun mantan Pejabat Carateker Gubernur Sulsel,” pungkasnya

Ia melanjutkan, apabila Tanribali serius ingin maju, maka ia harus segera bekerja dan melakukan sosialisasi dengan membentuk tim penguatan jaringan.

“Kalau memang Beliau serius, beliau harus segera bekerja dan melakukan sosialisasi denhan membentuk tim untuk penguatan jaringan,” katanya. (Yusriadi)

Click to comment
To Top