Adian Sebut Dirjen Penegakan Hukum Kementerian LHK Layak Diganti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Adian Sebut Dirjen Penegakan Hukum Kementerian LHK Layak Diganti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR Adian Napitupulu dalam waktu dekat berencana mensomasi Direktur Jenderal (Dirjen) Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio Ridho Sani. Langkah ini akan ditempuh setelah sebelumnya ucapan Rasio dinilai bernada merendahkan dan terkesan subjektif, usai rapat Komisi VII dengan Kementerian Kehutanan di Gedung DPR, Senin (26/10).

“Kalau sikapnya seperti itu terhadap anggota DPR, bagaimana kalau ke orang kecil. Tidak pantas seorang Dirjen bersikap seperti itu, dan saya kira dia layak diganti,” ujar Adian.

Ucapan nada merendahkan kata Adian, terjadi seusai rapat. Di mana dirinya bersama Menteri LHK Siti Nurbaya, Rasio dan sejumlah anggota dewan lainnya terlibat perbincangan.

“Dalam perbincangan saya menanyakan terkait kasus penangkapan warga di Pongkor, Bogor (terkait penambangan emas ilegal,red). Saya tanya, kenapa bandar besarnya tidak pernah ditangkap. Selama ini (yang ditangkap,red) cuma warga biasa. Ada tukang ojek, tukang gali. Ini kan tidak menjawab kalau disebut kerugian PT Antam sekitar Rp 1 triliun pertahun atau Rp 20 triliun sejak beroperasi,” kata Adian.

[NEXT-FAJAR]

Menanggapi pertanyaan tersebut, Rasio kata Adian, hanya menjawab akan memeriksa lagi persoalan tersebut. Selain itu, Dirjen juga mengatakan kasus Pongkor sudah selesai.

Atas jawaban tersebut Adian kembali bertanya, kenapa setelah bertahun-tahun terjadi, baru diperiksa saat ini. Jawaban tersebut kata Adian, terkesan Rasio berpihak pada PT Antam.

“Nah, ketika saya tanya begitu, respon beliau benar-benar mengejutkan. Dia bilang, ‘karena saya nggak suka sama kamu’,” ujar Adian.

Menurut Adian, jawaban Rasio tersebut terkesan merendahkan posisinya yang sedang menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

“Dalam setiap rapat kerja dengan siapapun tidak boleh ada subjektivitas dalam perdebatan, yang menyerang ke pribadi. Jawaban Dirjen yang menyatakan ketidaksukaannya terhadap saya menunjukkan dia sudah subjektif melihat saya,” ujar Adian.

Karena itulah kemudian Adian berencana dalam waktu dekat akan segera mensomasi Rasio. (gir/jpnn)

Click to comment
To Top