BPBD Enrekang Bentuk Kelompok Peduli Lingkungan-Bencana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

BPBD Enrekang Bentuk Kelompok Peduli Lingkungan-Bencana

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang mengaktifkan pebentukan kelompok masyarakat penanggulangan bencana (KMPB). Mereka juga sibuk melaksanakan pembinaan desa rawan menuju desa tangguh bencana. Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Taulan Kecamatan Cendana, Selasa 27 Oktober.

Bertempat di kantor Desa Taulan, pembinaan desa rawan menuju desa tangguh bencana dilaksanakan. Dipilihnya desa Taulan sebagai lokasi kegiatan, karena desa Taulan salah satu wilayah rawan bencana di Kabupaten Enrekang.

Beberapa kejadian bencana telah terjadi di desa ini, yaitu banjir dan tanah longsor. “Desa Taulan berada di pinggiran sungai Saddang yang melintas dari Kabupaten Enrekang ke Kabupaten Pinrang. Sehingga, pada saat musim hujan, sungai ini sering meluap dan mengenangi lahan dan pemukiman warga,” kata Kasi Pencegahan BPBD Enrekang, Lukman Dering.

Acara tersebut diawali dengan pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan dan Bencana. Setelah itu, dilanjutkan sosialisasi mengenai penanggulangan bencana dengan pemateri dari kantor Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Enrekang.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Sehingga pada saat ada kejadian bencana, maka masyarakat sudah paham dan tahu apa yang harus dilakukan, khususnya dalam mengurangi risiko bencana,” kata Kepala Desa Taulan, M Azis.

Kegiatan pembinaan desa rawan menuju desa tangguh bencana, juga rangkaian dari kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Enrekang, 1-31 Oktober 2015. Adapun tema kegiatan tersebut adalah Gerakan Terpadu Peduli Lingkungan dalam Penanggulangan Bencana. (Yusriadi/jai)

loading...
Click to comment
To Top