DPD Minta Tunda Pilkada di Daerah Bencana Asap. Ini Alasannya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

DPD Minta Tunda Pilkada di Daerah Bencana Asap. Ini Alasannya…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komite II DPD M Syukur menyarankan daerah bencana asap menunda agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2015.

Pemerintah pusat dan KPU harus bijaksana, melihat kondisi bencana asap di Sumatera dan Kalimantan. Kelihatan pemerintah belum bisa menuntaskan persoalan asap.

‎”Bisa diyakinkan 35 persen masyarakat akan memilih, partisipasinya mungkin tidak akan sampai 35 persen kalau dengan siatuasi seperti ini. Kita minta untuk pilkada ditunda terhadap daerah bencana asap. Kalau kita paksakan, tidak mungkin maksimal,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/10).‎

Selain tidak maksimal, Pilkada disertai kabut asap akan menimbulkan potensi kecurangan. “Saya yakinkan ‎bahwa akan terjadi kecurangan. Money politik dan lain sebagainya, ini pertimbangan kami,” sebutnya.

Menurut dia, menunda Pilkada agar rakyat tidak sembarang memilih calon kepala daerah. Mereka sejatinya menginginkan kepala daerah berkualitas bukan terpaksa. Belum lagi, mereka harus fokus mengurusi keluarga yang terkena dampak kabut asap.

Namun, senator ini masih berharap kebakaran hutan cepat padam dan dampak asapnya segera hilang ketika Pilkada menjelang. (dna/JPG)‎

loading...
Click to comment
To Top