Enam Perusahaan Berinvestasi di 10 Kabupaten – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Enam Perusahaan Berinvestasi di 10 Kabupaten

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Produksi pertanian Sulsel yang menjanjikan membuat pengusaha dalam dan luar negeri kepincut berinvestasi di sektor gula, jagung dan sapi. Setidaknya sudah enam perusahaan memastikan diri berinvestasi di 10 kabupaten. Hal itu ditandai dengan penandatangannan perjanjian kerja sama dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Selasa 27 Oktober.

Keenam perusahaan dimaksud masing-masing PT Green Thumb (PMDN), PT Marketindo Selaran (PMDN), PT Makassar Tene (PMDN), PT BISI International Tbk (India), PT Pramana Agriresources (MA Australia) dan PT Asia Beef Biofarm Indonesia (Singapura).

“Ini memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari mungkin hampir enam bulan ke belakang.‎ Kita lakukan penandatanganan agar produksi sapi, jagung dan sapi semakin meningkat sehingga ketahanan pangan terus membaik,” ujar Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dalam penandatangan perjanjian kerja sama dengan para investor.

Menurut Amran, sebenarnya terdapat 13 investor yang berniat menginvestasikan uangnya di Sulsel. Namun sampai saat ini baru enam yang menandatangani kontrak kerja sama.

Sekjen Asoasiasi India-Indonesia, Gurumurthy Naratajan, menjelaskan PT Green Thumb yang merupakan investor India telah menyiapkan dana sebesar 5 juta dolar hingga 10 miliar dolar untuk menghidupkan pabrik gula di Indonesia.

Gurumurthy menyebut, Indonesia memiliki potensi besar dalam memproduksi gula. Namun kondisi mesin yang tua membuat jumlah produksi gula dari pabrik kecil. (rilis)

Click to comment
To Top