Waduh… Bulukumba Diselimuti Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waduh… Bulukumba Diselimuti Asap

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Kebakaran hutan Gunung Bawakaraeng sejak Jumat 16 Oktober lalu belum padam hingga Selasa 27 Oktober telah menimbulkan berbagai persoalan, terutama kabut asap di beberapa daerah. Selain Kabupaten Sinjai dan Makassar, kini kabut asap telah menyelimuti Kabupaten Bulukumba.

Kabut asap terlihat di beberapa wilayah Kecamatan Ujungloe, Bulukumpa, Rilau Ale, Kajang, dan Gantarang. Seperti yang terlihat di Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe. Gunung Lompobattang dan Bangkeng Buki yang biasa telihat jelas saat siang mulai terutup asap.

Seorang warga Bijawang, Rahman mengatakan, kabut asap terlihat dalam dua hari terakhir. Bahkan kabut asap mulai membuat warga khawatir akan berdampak pada kesehatan mereka seperti yang terjadi di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

“Barusannya terjadi begini. Pertamanya kagetji kenapa bisa ada asap sebanyak itu. Tapi na bilang orang-orang, asapnya bede (gunung) Lompo Battang itu yang terbakar,” katanya, Selasa 27 Oktober.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Akrim Andi Amir membenarkan tidak membantah tentang kondisi asap tersebut. Kebakaran bukan hanya berdampak di Sinjai dan Jeneponto, tapi sudah masuk ke Bulukumba. (Mustaqim Musma/jai)

loading...
Click to comment
To Top