Anak Malas Makan, Lakukan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Anak Malas Makan, Lakukan Ini

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anak malas makan dan lebih memilih ngemil bukan hal baru. Lantas bagaimana cara agar anak makan teratur? Spesialis Anak RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Dr Bob Wahyudin, Sp.A (K) IBCLC menuturkan, rata-rata anak lebih memilih ngemil ketimbang makan. Salah satu penyebabnya, karena anak-anak merasa makan itu tidak perlu.

Penyebab lainnya suasana makan di rumah yang kurang mengasikkan. Banyak paksaan dan rasa yang tidak variatif. Berbeda dengan cemilan yang didapat dari luar dengan rasa yang lebih tajam. Untuk mengatasinya, beberapa cara di antaranya membuat pola makan.

Dalam artian, pola ini dipatenkan lalu membuat anak disiplin menjalankannya. Tapi, dengan cara menyenangkan. “Tetapkan jam sarapan, makan siang dan makan malam. Pada jam tersebut beri anak makan, jika tidak mau jangan dipaksakan tapi jangan beri anak makanan apapun apalagi cemilan atau susu,” ujar Bob.

Kendati demikian, lanjutnya, jika ingin memberi anak makanan di luar makanan pokok, maka bisa diberikan pada waktu yang jauh dari jam makannya. Ini agar anak mengerti bahwa jika tidak makan pada jam-jam tertentu ia akan sangat kelaparan.

“Jika sudah mengerti akan lapar, maka anak dengan sendirinya akan makan sebanyak mungkin pada jam yang ditetapkan,” lanjut pria berkacamata ini. (Dany Saharuna/jai)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top