Ini Kata Wakil Bupati Mamasa di Hari Sumpah Pemuda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Kata Wakil Bupati Mamasa di Hari Sumpah Pemuda

MAMASA, FAJAR.CO.ID — Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87  Kabupaten Mamasa dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Mamasa, Rabu 28 Oktober. Wakil Bupati Mamasa, Victor Paotonan yang bertindak sebagai inspektur upacara, juga di dihadiri sejumlah pejabat SKPD, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamasa, Organisasi Pemuda, dan seluruh PNS.

Upacara pun berjalan dengan hikmat. Wakil Bupati Mamasa, Victor, pun mengingatkan agar para pemuda dan rakyat, PNS harus menumbuhkan kembali kesadaran. “Utamanya penyatuan tekat bangsa pada saat sumpah pemuda dikumandangkan oleh para pemuda di Jakarta pada 28 Oktober 1928,” ujarnya.

Dia melihat semangat persatuan mulai memudar, penyebabnya anak bangsa tidak lagi mengenal nilai-nilai dan latar belakang suku-suku yang bersatu. “Padahal kita negeri Nusantara ini satu,” tuturnya.

Padahal peryataan lahirnya bangsa dan kebangsaan Indonesia, diambil dan diikrarkan dalam sidang pleno ke-3 Kongres Pemuda Indonesia II, 28 Oktober 1928, di gedung Indonesisch Club Gebouw (Wisma Indonesia) di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta. Dicetuskan oleh sekelompok pemuda Indonesia pada masa pergerakan nasional. Merupakan puncak peneguhan ideologi ke-Indonesia-an dan peristiwa nasional, yang membawa semangat nasionalisme ke tingkat yang lebih tinggi.

Dia mengingatkan momen peringatan sumpah pemuda harus memberi inspirasi baru, dengan mengingat betapa pahitnya dan dengan semangat gigih kaula muda bangsa Indonesia pada saat itu telah meletakkan pondasi kemerdekaan. (ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top