Jadi Irup, Ini Pesan Menteri Yuddy di Hari Soempah Pemoeda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jadi Irup, Ini Pesan Menteri Yuddy di Hari Soempah Pemoeda

FAJAR.CO.ID, SURABAYA  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi didaulat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di halaman Gedung Negara Grahadi Jawa Timur, Rabu (28/10).

Upacara peringatan Sumpah pemuda dihadiri juga oleh Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, Kapolda Jatim, jajaran TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan mahasiswa.

Yuddy, mengatakan sungguh sangat istimewa bisa menjadi Irup di Jawa Timur, karena Kota Surabaya sebagai salah satu kota sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Heroik perjuangan pemuda Jawa Timur di dalam mempertahankan NKRI, 10 November 1945 adalah salah satu contoh konkrit bahwa pemuda Jawa Timur mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi,” ujar Yuddy.

Disampaikan, pemuda sebagai agen perubahan harus tetap semangat, mau belajar dari para pemimpin bangsa, sabar, jangan mau mengambil jalan pintas. Hidupkan kembali semangat gotong royong. “Pemuda harus menjadi penjaga gawang idealisme dan Pak Jokowi adalah contoh pemimpin ideal,” tegas Yuddy.

Yuddy menyinggung, tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-87 adalah Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “Satu untuk Bumi”. Pemilihan tema ini untuk memberikan kesadaran bagi kita semua, khsususnya para pemuda tentang globalisasi. Hal ini bisa terlihat nyata dari berbagai aspek. Sebagai contoh, perkembangan perekonomian kita akhir-akhir ini tidak dapat dilepaskan dari perkembangan ekonomi dunia.

[NEXT-FAJAR]

“Oleh karena itu, pemuda di era revolusi mental ini berperan sebagai agen perubahan yang harus mampu mengantisipasi gelombang pengaruh tersebut. Pemuda harus melibatkan diri secara aktif untuk mengangkat kembali pertumbuhan ekonomi bangsa ke jenjang yang lebih tinggi dari sebeIumnya. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kondisi ini merupakan akibat dari interaksi dunia yang saling mempengaruhi hingga melanda seluruh kawasan regional dan internasional,” jelasnya.

Yuddy juga mengingatkan, Sumpah Pemuda memiliki sekumpulan sistem nilai bagi ASN, diantaranya semangat nasionalisme, cinta tanah air, rela berkorban, dan gotong royong. “Integritas, loyalitas serta moral menjadi kunci penting revolusi mental. Berjalannya reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang baik menjadi fokus utama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Aparatur sipil negara harus menjalankan tugasnya dengan baik, tingkatkan etos kerja sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang prima,” pungkasnya.

Ditambahkan, akhirnya sebagai Bangsa Indonesia tantangan pembangunan yang kita hadapi dalam masa-masa mendatang tidaklah ringan, bahkan cenderung lebih kompleks dan bersifat multi-dimensi. “Terkait dengan nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda, saya ingin berpesan agar kita mau memulai dan konsisten dalam menginternalisasikan nilai-nilai revolusi mental, yaitu integritas, kerja keras dan gotong royong di instansi kita masing-masing sehingga kita mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur, Pakde Karwo memaknai sumpah pemuda dalam era sekarang sebagai semangat dalam menciptakan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat agar kesejahteraan meningkat. Pemuda sebagai agen perubahan dan harus lebih meningkatkan kapasitas diri sebagai pemuda-pemuda tangguh.

Selesai menjadi Irup Yuddy bergerak menyapa seluruh peserta upacara dengan menyalaminya satu persatu. Dimulai dari para siswa-siswi paduan suara, unsur TNI/Polri, ormas kemasyarakatan serta jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top