Merasa Dirugikan, CPNS Konkep Kembali Mengadu ke Kemenpan-RB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Merasa Dirugikan, CPNS Konkep Kembali Mengadu ke Kemenpan-RB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polemik kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terus berlanjut. Kemarin, sebelas orang perwakilan dari 118 peserta CPNS yang merasa dirugikan karena dibatalkan hasil tesnya kembali mengadu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Tuntutannya jelas, mereka meminta agar pihak Kemenpan-RB kembali meninjau ulang polemik CPNS yang terjadi di Konkep dan meloloskan 118 CPNS yang telah dinyatakan lulus berdasarkan hasil tes yang sudah diikuti sesuai dengan UU Aparatur Sipil Negara (ASN) Pasal 62 ayat 2.

“Padahal kami sudah mengikuti semua tahapan sesuai dengan UU ASN yang mana proses penerimaan CPNS harus melewati tiga tahapan, yakni, tahapan administrasi, mengikuti proses Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Semua itu kita sudah jalani,” kata salah satu perwakilan CPNS Konkep, Syukur Ismail di Jakarta, Rabu (28/10).

Nah, berdasarkan hasil tersebut, pada 27 Februari 2015 telah diumumkan kelulusannya. Pemberkasan sudah mulai dilakukan dan tinggal menunggu orientasi. Namun, dalam prosesnya, tiba-tiba hasil tersebut dianulir dengan alasan ada indikasi kebocoran soal.

[NEXT-FAJAR]

“Tapi itu kan hanya indikasi. Kalau memang ada pembocoran soal pasti ketahuan siapa yang membocorkan dan siapa yang menerima soal itu. Dan yang seharusnya dibatalkan itu yang mendapat bocoran jangan semua, kalau memang TKB dibatalkan, kenapa semua ?,” jelasnya.

Perlu diketahui, lanjut Syukur, di Sulawesi Tenggara ada tiga kabupaten yang menggelar tes CPNS dengan menggunakan system TKB, yakni Kabupaten Wakatobi, Muna dan Konkep. Tapi, yang patut dipertanyakan, kenapa hanya Konkep saja yang dibatalkan. “Kami tentunya tidak mau dirugikan,” sambungnya.

Lebih lanjut, hasil pertemuan yang dilakukan antara sebelas perwakilan ini diterima langsung oleh Sekretaris Menpan-RB Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala Biro Humas Kemenpan-RB Herman Suryatman. Dari hasil pertemuan tersebut, para perwakilan ini akan difasilitasi untuk bertemu langsung dengan Menteri dan pihak-pihak terkait pembatalan CPNS di Konkep.

“Kami sekarang masih menunggu waktunya (pertemuan, red). Kami masih akan tetap bertahan di Jakarta sampai ada kepastian,” tandasnya.

Sementara itu, Herman Suryatman yang dikonfirmasi menghargai aspirasi yang disampaikan perwakilan CPNS Konkep yang merasa dirugikan. Namun, perlu diketahui bahwa hasil tes CPNS di Konkep telah diputuskan oleh Panselnas yang meluluskan peserta CPNS berdasarkan TKD yang menjadi hasil akhir.

“Kita hormati aspirasi tersebut. Kami sampaikan bahwa semua sudah diputuskan oleh Panselnas dan itu yang menjadi rujukan,” singkat Herman Suryatman. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top