Soal Kesbanglinmas, Ini Jawaban Bupati Polman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Soal Kesbanglinmas, Ini Jawaban Bupati Polman

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Sejumlah fraksi pun gelisah dengan rencana pemerintah kabupaten akan menghapus Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas). Pasalnya, fraksi menilai penghapusan Kesbanglinmas, pasti akan pengaruhi tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Kesbanglinmas.

Lima fraksi yang menyatakan agar keputusan tersebut dipertimbangkan yaitu Fraksi Golkar, Demokrat, PPP, Nurani Keadilan dan Perubahan, Garuda Keadilan.

Apalagi jika Ranperda perubahan Perda Nomor 9 tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Polman ditetapkan.

Menanggapi fraksi-fraksi DPRD, Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, menjelaskan penghapusan kantor Kesbanglinmas tidak berarti peniadaan terhadap pelaksanaan fungsinya. “Termasuk pembinaan partai politik, ormas dan LSM. Akan tetapi, fungsi-fungsi tersebut tetap berjalan dinaungan Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah,” ujarnya.

Kesbanglinmas sendiri akan dimerger dengan Satpol PP yang naik ke tipe A. “Namun tidak menutup kemungkinan Ranperda tersebut tetap dibahas dan dipertajam tahapan selanjutnya,” kata Ibrahim. (ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top