“Soempah Pemoeda: Berbangsa Satu, Melawan Asap” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

“Soempah Pemoeda: Berbangsa Satu, Melawan Asap”

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan serta daerah lain semakin mengkhawatirkan. Kebakaran kali ini merupakan yang terparah sepanjang sejarah Indonesia, baik dilihat dari luasan maupun durasinya, dan sudah menimbulkan banyak korban.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sampai 24 Oktober 2015, sebanyak 10 orang tewas akibat bencana asap. Selain itu ada 503.874 penduduk di enam provinsi tercatat infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Kejadian ini merupakan penyiksaan terhadap rakyat Indonesia yang susah menghirup udara bersih,” kata Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Tangerang Selatan, Sadam Husen Falahuddin kepada redaksi, Rabu (28/10).

Sadam pun mengajak semua elemen bangsa untuk mengingat kembali sejarah Soempah Pemoeda 28 Oktober 1928 yang menjadi pemersatu bangsa yang terjajah untuk merdeka.

“Kemerdekaan tanpa kenyamanan dan keamanan yang dirasakan oleh rakyatnya hanyalah ‘pepesan kosong’. Kita merdeka agar menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. Lalu dimanakah fungsi negara, jika saat ini problem rakyat tak bisa diselesaikan atau malah mempersulit mereka untuk hidup dalam sebuah negara,” ujarnya.

“Saatnya soempah pemoeda ‘berbangsa satu melawan asap’,” tegas Sadam menambahkan.

Akibat dampak bencana asap yang semakin luas tersebut, KAMMI Kota Tangsel akan menggalang dana dan aksi solidaritas. Dalam aksi solidaritas ini mereka menuntutempat hal. Pertama, tangkap dan adili birokrat yang bermain mata dengan pengusaha nakal atas tindakan pembakaran hutan.

Kedua, tangkap dan adili pengusaha baik perorangan maupun bentuk perusahaan yang melakukan pembakaran hutan. Ketiga, menuntut pemerintahan Jokowi-JK untuk segera mengambil tindakan yang cepat atasi bencana asap. Keempat, mengajak masyarakat dan pemerintah Kota Tangsel untuk peduli dan turun tangan dalam membantu korban asap. (rus/rmol)

loading...
Click to comment
To Top