Tonasa Bidik Perenang Internasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tonasa Bidik Perenang Internasional

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Satu lagi kejuaraan internasional hadir di Kota Anging Mammiri. Namanya Semen Tonasa Makassar Open Water Swimming Championship 10K. Even itu rencananya berlangsung Minggu, 1 November di Anjungan Pantai Losari.

Sekretaris Panitia, Eka Andika menjelaskan, even itu merupakan kejuaraan renang perairan terbuka. Diharapkan peserta yang ikut ambil bagian tidak masyarakat Sulsel atau luar provinsi, tetapi penyelenggara juga membidik perenang internasional ambil bagian. “Proses pendaftaran sudah kita buka sejak dua minggu lalu. Pendaftar lokal ada 125 orang. Sedangkan atlet termasuk luar 40 orang. Batas pendaftaran 31 Oktober,” kata Eka.

Eka memaparkan, khusus untuk 10K, pesertanya khusus diikuti atlet profesional. Sementara untuk masyarakat umum juga ada kelas tersendiri, berupa lomba renang rakyat 600 meter dan 800 meter. “Lomba renang rakyat 600m diperuntukkan peserta di bawah 12 tahun. Sedangkan 800m ada tiga kategori, pertama umum dan mahasiswa, TNI/Polri, serta pelajar (SMP dan SMA),” ujarnya.

Diselenggarakannya kejuaraan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Semen Tonasa ke 47 dan HUT Kota Makassar ke 408. “Kita harapkan kejuaraan ini juga bisa masuk dalam kalender PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) nantinya,” tambah pria yang juga Wakil Ketua Pembinaan dan Prestasi PRSI Sulsel.

Adapun, Sekretaris Umum PRSI Sulsel, Hartawan mengapresiasi penyelenggaraan kejuaraan renang perairan terbuka. “Karena untuk kelas ini sudah ada di Olimpiade, PON, dan SEA Games. Tentu kita pengurus sangat mendukung,” tandasnya. (Ashri Samad/jai)

Click to comment
To Top