Alhamdulillah… Hujan Turun, Titik Api Mulai Berkurang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Alhamdulillah… Hujan Turun, Titik Api Mulai Berkurang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, krisis kebakaran hutan dan lahan berangsur mengurangi. Pasalnya, musim hujan segera tiba.

Selain itu, kata Sutopo, hujan buatan dengan menebarkan garam ke awan potensial membuahkan hasil. Zat higroskopik garam sukses mempercepat proses pertumbuhan butir-butir hujan di dalam awan. Cara tersebut dinilai mempercepat hujan.

“Kombinasi dari hujan buatan dan hujan alami,” urainya, Rabu (28/10).

Menurut pantauan BNPB, hujan mulai turun dengan intensitas ringan, sedang, lebat di beberapa provinsi. Di Sumatera, hujan mengguyur Riau, Jambi. Kemudian hujan juga berlangsung di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Dampaknya terasa. Berdasar pantauan satelit Terra Aqua kemarin, titik panas atau hotspot di Sumatera dan Kalimantan merosot drastis. Di Sumatera, hanya sembilan titik panas yang terdeteksi setelah sebelumnya mencapai ratusan.

Sama halnya dengan Kalimantan, hanya 282 titik. Hotspot yang terus berkurang berkorelasi dengan kepekatan asap dan jarak pandang. Dari data BNPB, jarak pandang dilaporkan terus membaik sepanjang hari.

Menurut Sutopo, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memprediksi hujan akan segera turun di Sumatera dan Kalimantan. Awan yang tersedia cukup banyak, sehingga hujan buatan akan diintensifkan.  (dyn/lus/hsn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top