Angka Pengangguran Tinggi, Begini Cara Nebas Mengatasinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Angka Pengangguran Tinggi, Begini Cara Nebas Mengatasinya

FAJAR.CO.ID – ANGKA pengangguran yang terus bertambah di Kota Bontang menjadi masalah serius. Pemerintah dipandang tidak mampu mengatasinya, sehingga lonjakan pengangguran terus terjadi

Data Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pengangguran di Bontang tertinggi di Kalimantan Timur (Kaltim). Padahal daerah ini dikenal sebagai daerah industri yang harusnya mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Angka pencari kerja, menurut data statistis, seperti dikutip dari kaltimpost, pada 2014 mencapai 7000-an lebih. Sementara yang bisa terserap hanya pada angka 1000-an.

“Masalah pengangguran ini memang menjadi masalah serius di Bontang. Pemerintah harus mampu mengatasinya jika tidak ingin kondisi ini terus berlanjut,” ujar kandidat Walikota Bontang nomor urut 2, dr Hj Neni Moerniaeni pada sosialisasi di Loktuan, Rabu malam, 28 Oktober.

Bagaimana cara mengatasinya? Ia mengaku sudah punya perencanaan dan hitung-hitungan. Jika dirinya diberi kepercayaan bersama pasangannya untuk memimpin Bontang, maka pembukaan lapangan kerja akan dilakukan secara signifikan untuk mengatasi pengangguran.

‎Salah satunya, kata kandidat yang akrab disapa Bunda Neni ini, adalah pemberdayaan usaha kecil. “Dengan bantuan Rp100 juta per RT, pelaku UKM ini akan menggeliat. Setiap kelompok bisa dibantu Rp10 juta dari APBD, sehingga satu RT bisa ada 10 kelompok yang dibantu,” paparnya.

Bantuan seperti itu, lanjutnya, akan memberi manfaat luar biasa buat pembukaan lapangan kerja. Sebab, kendala umum yang dihadapi selama ini untuk membuka usaha adalah modal. “Dengan bantuan modal yang diberikan, maka mereka akan semangat dalam berusaha,” imbuhnya.

Dari mana dananya? Bunda Neni menegaskan, APBD Bontang cukup untuk melakukan itu. “Saya sudah hitung baik-baik dan APBD cukup untuk menjalankannya,” tegas mantan anggota Komisi VII DPR RI ini. (rls/hrm)

loading...
Click to comment
To Top