Baca Nih, Cara Cerdas Memanfaatkan Kartu Kredit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Baca Nih, Cara Cerdas Memanfaatkan Kartu Kredit

FAJAR.CO.ID – TIDAK dapat dipungkiri bahwa penggunaan kartu kredit saat ini secara umum banyak dimanfaatkan sebagai media mencari pinjaman dalam bentuk belanja sehingga setiap bulan pemilik kartu harus menyicil hutang akibat pembayaran yang dilakukan tidak penuh atau minimum payment.

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan berbelanja dengan kartu kredit itu sebenarnya adalah memudahkan transaksi Anda tanpa harus membawa uang cash. Kartu kredit bukanlah pinjaman hibah tapi pinjaman yang mengharuskan pemilik kartu membayar setiap bulannya plus dengan bunga apabila terlambat melakukan pembayaran.

Jika dilihat secara sekilas memang hal ini memberikan banyak kemudahan kepada Anda. Namun ketahuilah bahwa jika penggunaannya tidak bijak dan cerdas maka memiliki kartu kredit ini sama halnya dengan menggiring anda masuk dalam jerat hutang.

Dengan alasan inilah, Anda harus tahu bagaimana caranya melakukan penghematan walaupun Anda menggunakan kartu kredit ketika berbelanja. Dimana salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan promo-promo yang ada.

Waspadai Promo Murah Kartu Kredit

Ketika berbelanja Anda jangan sampai kalap mata dengan membeli semua produk yang ada paket promonya. Pastikan Anda tetap berbelanja disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Tidak dipungkiri memang untuk saat ini banyak bank-bank penerbit kartu kredit yang menjalin kerja sama dengan beberapa merchant seperti, supermarket, hotel, toko buku, restoran, event-event seni ataupun olahraga, travel, dan juga maskapai penerbangan dan memberikan penawaran khusus.

[NEXT-FAJAR]

Biasanya promo-promo itu berupa cicilan 0% atau dengan kata lain bebas dari bunga dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya promo-promo ini tentu Anda akan senang mendapatkannya, karena tidak perlu membayar langsung, dan memperoleh potongan harga atau mendapatkan cicilan dengan bunga 0%.

Sayangnya yang menjadi kendala utama adalah informasi terkait promo-promo tersebut saat ini masih terbatas diketahui oleh para pengguna dari kartu kredit. Dengan alasan inilah, apabila Anda sebagai pengguna dari kartu kredit tidak ingin promo-promo yang menarik tersebut sampai terlewatkan, anda harus mencoba solusi pada artikel ini. Saat ini ada sebuah aplikasi yang disematkan ke dalam ponsel yang menggunakan iOS ataupun Android yang memiliki nama Cermati Promo yang berfungsi untuk mengetahui promo-promo kartu kredit.

Tapi penting untuk anda ingat sekali lagi belilah produk yang memang anda butuhkan dan jangan terjebak membeli produk yang belum dibutuhkan dengan alasan ada promo. Bagi anda yang ingin melihat lebih jauh cara mendapatkan informasi paket promo yang ditawarkan aplikasi Cermati Promo tersebut, anda dapat melihat uraian berikut ini:

Cara Mendapatkan Promo Kartu Kredit

Untuk mendapatkan paket promo dari beberapa penerbit kartu Anda hanya perlu melakukan download di Google Play. Dari aplikasi Cermati Promo ini maka Anda akan memiliki berbagai informasi promo yang sangat menarik. Di dalamnya dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu Dining, Lifestyle, dan Travel.

Aplikasi Cermati Promo ini sendiri telah bekerja sama dengan beberapa mall yang tersebar di seluruh Jakarta sehingga memudahkan para penggunanya untuk melihat promo-promo yang saat ini sedang ditawarkan oleh merchant ataupun mall.

[NEXT-FAJAR]

Demikian halnya jika Anda ingin mencari promo untuk perjalanan wisata, restoran favorit yang sedang memberikan diskon bagi para pemegang kartu kredit. Keunggulan transaksi dengan kartu kredit Ini adalah kenyamanan dalam bertransaksi selama dilakukan di merchant resmi. Walaupun aplikasi Cermati Promo ini masih dalam jangkauan di wilayah Jakarta saja, namun sepertinya Cermati Promo akan mulai dikembangkan dengan merambah ke beberapa kota yang lainnya yang ada di Indonesia.

Ditambah lagi aplikasi Cermati Promo ini dilengkapi dengan sistem geotagging alert dan juga push notification system. Dimana para pengguna dari kartu kredit ini dapat notifikasi ataupun informasi pada saat promo-promo yang ada di sesuatu tempat yang akan terjadi dalam kurun waktu berdekatan.

Secara sepintas aplikasi Cermati Promo ini sama seperti Groupon, namun ada beberapa ciri yang membedakannya. Untuk aplikasi Groupon terdiri dari sebuah toko diskon yang didalamnya berisi beberapa merchant. Sedangkan untuk aplikasi Cermati Promo ini fokus pada penerbit kartu (bukan merchant) yang mengacu pada layanan promo yang disediakan oleh penerbit kartu kredit.

Mengenal Aplikasi Cermati Promo

Aplikasi Cermati Promo ini sendiri telah menjalin kerjasama dengan beberapa bank seperti Danamon, ANZ, BII, Citibank, BNI, HSBC, JCB, Standard Chartered, dan juga Panin Bank. Jika mengacu pada manfaat yang diberikan oleh Cermati Promo dengan bank dan juga pemegang kartu kredit ataupun merchant, bisa dipastikan kedepannya kerjasama penerbit bank-bank atas kartu kredit dengan pihak Cermati Promo akan semakin bertambah.

Cara Cerdas Memanfaatkan Kartu Kredit

Sebagai pemegang kartu kredit, ada baiknya anda mengetahui cara yang benar dan cerdas memanfaatkan kartu kredit anda sehingga keuntungan dan fitur yang ditawarkan penerbit kartu kredit  bisa anda nikmati secara maksimal. Beberapa tips diantaranya sebagai berikut:

[NEXT-FAJAR]

● Pakai sesuai kemampuan membayar

● Jangan tergoda dengan berbagai macam paket promo yang belum anda butuhkan. Jangan sampai anda berfikir mumpung ada promo dan sebaiknya dibeli tapi berfikirlah bahwa paket promo akan selalu ada tinggal kita menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

● Pilih kartu kredit yang cocok, jangan kartu kredit yang memilih Anda

● Hal ini penting supaya anda tidak tergiur dengan kartu kredit hanya karena atas pertimbangan program promo yang ditawarkan atau plafon kartu yang ditawarkan. Pilih saja berdasarkan kemudahan membayar tagihannya, tingkat bunga per tahun, fasilitas yang ditawarkan, dan limit yang ditawarkan. Sesuaikan semuanya dengan kebutuhan anda

● Sebisa mungkin, pilih kartu kredit yang menawarkan keuntungan terbesar bagi Anda

● Coba anda amati aktivitas harian anda, apakah membutuhkan sering belanja atau sering bepergian atau bahkan kebutuhan lainnya. Misalnya jika Anda banyak bepergian, ada baiknya mempertimbangkan co-brand card antara maskapai langganan Anda dengan bank tertentu.

● Lunasi tagihan sebelum jatuh tempo dan Hindari punya lebih dari 1 atau 2 kartu kredit kalau memang anda belum membutuhkannya

Uraian di atas akan memberikan panduan bagi pemilik kartu kredit untuk lebih bijak dan cerdas dalam memanfaatkan kartu kredit yang dimilikinya. Jika anda membutuhkan lebih banyak informasi seputar produk keuangan, anda mengakses berbagai artikelnya di internet, seperti website keuanganwww.cermati.com. (fuz/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top